nusabali

HUT Polwan Ke-72, Polres Badung Ikut Rayakan Secara Virtual

  • www.nusabali.com-hut-polwan-ke-72-polres-badung-ikut-rayakan-secara-virtual

Polwan dituntut mampu berperan ganda secara baik, sebagai istri atau ibu maupun sebagai anggota Polri. Sedangkan  di masa new normal,   diminta berperan aktif mendukung pelaksanaan tugas-tugas Polri terkait penanganan Covid-19.

MANGUPURA, NusaBali

Ada yang berbeda dalam perayaan HUT Polwan ke-72. Perayaan yang dipusatkan dari Aula Rupatama Mabes Polri Jakarta dan dipimpin langsung oleh Ibu Asuh Polwan RI, Fitri Idham Azis, Selasa (1/9), dilangsungkan secara virtual dan melibatkan semua Polda dan Polres seluruh Indonesia.

Polres Badung menjadi satu di antara yang mengikuti perayaan HUT Polwan dalam suasana new normal adaptasi kebiasaan baru tersebut. Pelaksanaan HUT Polwan ke-72 itu pun dijadikan momentum untuk memperkuat soliditas sekaligus meningkatkan kinerja di tengah pandemi Covid-19.   “Saya mengajak para Polwan  untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa yang mana dalam situasi pandemi ini Polwan Polres Badung masih bisa melaksanakan kegiatan syukuran dalam rangka HUT Polwan RI ke-72,” kata  Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi SIK, saat memberikan sambutan di ruang Command Center Polres Badung.

Dalam acara yang juga dihadiri Ketua Bhayangkari Cabang Badung Reni Septiadi, Wakapolres Badung Kompol Ni Putu Utariani SH, Kabagren Polres Badung Kompol I Putu Ngurah Riasa SIP, menerapkan protokol kesehatan sebelum mengikuti acara. Namun mengingat physical distancing, tidak semua Polwan dihadirkan.  “Semoga Polwan, khususnya di Polres Badung, selalu bisa memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayan yang lebih baik kepada masyarakat,” kata AKBP Roby.

Sebelum bergabung secara virtual dengan Mabes Polri, Polres Badung pun menggelar syukuran. AKBP Roby Septiadi diampingi Reni Septiadi dan Wakapolres Kompol Ni Putu Utariani, melakukan pemotongan kue yang kemudian diserahkan kepada Ketua Bhayangkari Cabang Badung dilanjutkan oleh pejabat lainnya. Sedangkan pemotongan tumpeng dilakukan selepas mengikuti perayaan secara virtual.

Sementara itu pada perayaan virtual HUT Polwan yang tahun ini membawa tema ‘Polwan Siap Mewujudkan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif’, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam sambutan yang dibacakan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, mengingatkan agar 24.506 personel Polwan terus berkarya dan menjalankan peran sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-72 kepada seluruh polisi wanita RI di mana pun bertugas. Teriring doa, semoga Polwan RI dapat terus berkarya dan menunjukkan eksistensinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,"demikian sambutan yang dibaca Wakapolri.

Komjen Gatot menyampaikan bahwa Kapolri mengucapkan terima kasih kepada para polwan atas dedikasi, kontribusi, prestasi dan pengabdian kepada masyarakat dan NKRI selama 72 tahun. Pihaknya mengajak para polwan untuk menjadikan peringatan Hari Jadi Polwan tahun ini sebagai momentum untuk memperkuat soliditas dan meningkatkan kinerja di tengah pandemi Covid-19.

Saat ini jumlah Polwan di Indonesia tercatat ada 24.506 personel yang terdiri dari tiga perwira tinggi, 1.567 perwira menengah, 355 perwira pertama dan 19.581 bintara. Sejumlah jabatan strategis, baik di Mabes Polri, Polda, Polres maupun Polsek saat ini telah banyak diisi oleh para polwan. Untuk itu, para Polwan diminta bekerja lebih baik lagi dan menunjukkan prestasi.

Terkait pandemi Covid-19, segenap Polwan diminta berperan aktif mendukung pelaksanaan tugas-tugas Polri terkait penanganan Covid-19 sesuai kemampuan dan kewenangannya, seperti membagikan masker, memberi imbauan, membantu dapur umum dan memakamkan jenazah korban Covid-19.

Kapolri juga meminta agar para Polwan mengatur waktu sebaik-baiknya untuk menjalankan peran ganda polwan sebagai istri atau ibu maupun sebagai anggota Polri. Selanjutnya terkait rencana pelaksanaan Konferensi Polwan Internasional di Yogyakarta pada September mendatang, Kapolri meminta agar persiapan dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Terakhir, Kapolri berpesan kepada para Polwan untuk terus melakukan kebaikan. "Bekerja baik saja belum tentu dinilai baik oleh masyarakat, apalagi jika kita bekerja tidak baik, maka teruslah melakukan kebaikan. Biarkan proses alam dan Tuhan yang menilai apa yang telah kamu kerjakan," katanya. Pelaksanaan rangkaian Hari Jadi ke-72 Polwan ini telah dilaksanakan secara bertahap mulai dari 4 Agustus 2020 hingga 28 Agustus 2020 dan puncak peringatan pada Selasa (1/9).*

Komentar