nusabali

Sedana Arta Langsung Konsolidasi di Kantor DPC Demokrat

  • www.nusabali.com-sedana-arta-langsung-konsolidasi-di-kantor-dpc-demokrat

BANGLI, NusaBali
Pasangan Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar, Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) Bangli yang diusung PDIP, akan maju tarung ke Pilkada Bangli 2020 dengan modal kekuatan awal 22 kursi legislatif atau 73,33 persen suara parlemen.

Pasalnya, Demokrat, Gerindra, Hanura, dan PKPI ikut masuk barisan PDIP untuk usung Sedana Arta-Wayan Diar. Sang Nyoman Sedana Arta sudah rapat konsolidasi di Kantor DPC Demokrat Bangli, Minggu (30/8).

Dalam Pilkada Bangli, 9 Desember 2020 mendatang, pasangan Sedana Arta-Wayan Diar akan tarung head to head melawan I Made Subrata-Ngakan Made Kutha Parwata, Cabup-Cawabup yang diusung Golkar-NasDem. Subrata-Kutha Parwata maju tarung dengan modal kekuatan politik awal 8 kursi DPRD Bangli hasil Pileg 2020, yakni 6 kursi (20,00 poersen suara parlemen) milik Golkar dan 2 kursi (6,67 persen suara parlemen) milik NasDem.

Sebaliknya, modal 22 kursi DPRD Bangli pengusung Sedana Arta-Wayan Diar, masing-masing 16 kursi (53,34 persen suara parlemen) milik PDIP, 3 kursi (10,00 persen suara parlemen) milik Demokrat, 1 kursi (3,33 persen suara parlemen) milik Gerindra, 1 kursi (3,33 persen suara parlemen) milik Hanura, dan 1 kursi (3,33 persen suara parlemen) milik PKPI.

Rekomendasi untuk Sedana Arta-Wayan Diar dari DPP Demokrat telah diserahkan di Kantor DPP Demnokrat, Jakarta, Kamis (27/8) laluu. Kemudian, Sedana Arta hadiri rapat konsolidasi di Kantor DPC Demokrat Bangli, Minggu kemarin. Rapat konsolidasi tersebut dipimpin Ketua DPC Demokrat Bangli Komang Carles didampingi Sekretaris DPC Demokrat Bangli, I Made Sudiasa.

Komang Carles menyebutkan, DPP Demokrat telah memberikan rekomendasi untuk Sedana Arta-Wayan Diar. Begitu rekomendasi tersebut turun, maka ditindaklanjuti dengan mengumpulkan para kader Demokrat.

"Hari ini (kemarin) kami kumpulkan para kader untuk menyampaikan rekomendasi dari DPP Demokrat. Di hadapan para kader Demokrat, kami juga serahkan rekomendasi kepada pasangan Sang Nyoman Sedana Arta-Wayan Diar," jelas Komang Carles.

Menurut Carles, kubu Demokrat akan langsung bergerak untuk memenangkan Sedana Arta-Diar di Pilkada Bangli 2020. "Bapak Agus Harimurti Yudhoyono (Ketua Umum DPP Demokrat yang akrab disapa AHY, Red) berpesan kepada para kader agar all out untuk memenangkan paket Sedana Arta-Wayan Diar,” tandas politisi asal Desa Adat Batur, Kecamatan Kintamani yang juga Wakil Ketua DPRD Bangli dari Fraksi Demokrat ini.

“Kami selaku partai yang ikut mengusung, juga akan mempersiapkan segala sesuatu untuk pendaftaran pasangan calon ke KPU Bangli yang tinggal beberapa hari lagi. Selain itu, pesan Ketua Umum Partai Demokrat untuk pasangan calon agar nantinya benar-benar bekerja untuk rakyat," sambung Sekretaris DPC Demokrat Bangli, Made Sudiasa.

Sudiasa menegaskan, Demokrat nantinya juga akan membentuk tim untuk mengkampanyekan Sedana Arta-Wayan Diar. "Sudah ada komunikasi akan ada tim pemenangan, yang sudah barang tentu bersama partai koalisi," terang politisi asal Desa Undisan, Kecamatan Tembuku mantan Wakil Ketua DPRD Bangli 2009-2014 dari Fraksi Demokrat ini.

Ditambahkan Sudiasa, rekomendasi untuk Sedana Arta-Wayan Diar diberikan DPP Demokrat berdasarkan hasil survei nasional. Berdasarkan survei, Sedana Arta-Wayan Diar unggul atas Subrata-Kutha Parwata, paket calon yang diusung Golkar-NasDem. "Ada proses panjang. Sebelumnya kami di Bangli melakukan penjaringan, kemudian dilakukan survei nasional. Berdasarkan hasil survei, rekomendasi jatuh kepada Sedana Arta-Wayan Diar," tandas anggota Fraksi Demokrat DPRD Bangli ini.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, yang sekaligus menduduki posisi Cabup Bangli, mengatakan setelah ada rekomendasi ini, pihaknya akan memantapkan langkah partai. Untuk Tim Pemenangan Sedana Arta-Wayan Diar nantinya akan diisi kader partai koalisi.

"Hari ini (kemarin) Partai Demokrat serahkan rekomendasi. Ke depan, kami harapkan partai lainnya juga ikut mendukung dengan disertai rekomendasi. Memang komunikasi politik sudah intens kami lakukan," jelas Sedana Arta.

Menurut Sedana Arta, Ketua Tim Pemenangan Sedana Arta-Wayan Diar nantinya akan dipegang I Nyoman Budi Utama, anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Bangli dua kali periode. Sedangkan untuk Sekretaris Tim Pemenbangan, kemungkinan akan dipegang Made Sudiasa dari Demokrat. "Untuk Ketua Tim Pemenangan nanti Pak Budi Utama,” tegas Sedana Arta.

Sang Nyoman Sedana Arta yang menempati posisi Cabup Bangli di Pilkada 2020, merupakan politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli yang kini Ketua DPC PDIP Bangli dan Wakil Bupati Bangli dua periode (2010-2015, 2016-2021). Sedangkan Wayan Diar yang menempati posisi Cawabup Bangli adalah politisi asal kawasan pegunungan Desa Belantih, Kecamatan Kintamani yang kini Sekretaris DPC PDIP Bangli dan sekaligus Ketua DPRD Bangli 2019-2024. *esa

loading...

Komentar