nusabali

Rai Mantra Buka Rapat Penyusunan Perencanaan 5 Tahunan Pembangunan Desa Adat Panjer

  • www.nusabali.com-rai-mantra-buka-rapat-penyusunan-perencanaan-5-tahunan-pembangunan-desa-adat-panjer

DENPASAR, NusaBali
Desa Adat Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan, melaksanakan Penyusunan Perencanaan Pembangunan lima tahun periode 2020-2024.

Kegiatan ini dibuka Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Sabtu (29/8), di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan.


Hadir di acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali, Bendesa Adat Panjer AA Ketut Oka Adnyana, Lurah Panjer serta prajuru Desa Adat/Dinas Panjer

Dalam laporannya AA Ketut Oka Adnyana menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan penyusunan perencanaan pembangunan lima tahun Desa Adat Panjer. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan serta pendapat di dalam rancangan pembangunan Desa Adat Panjer.

“Hal ini karena di Bali terdapat dua sistem yang diakui, yakni sistem adat dan kedinasan. Hal inilah yang disinkronkan melalui kegiatan ini, sehingga pola pembangunan dapat efektif dan tidak tumpang tindih,” paparnya.

Ditambahkannya, Desa Adat Panjer senantiasa mengutamakan musyawarah guna membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dengan demikian diharapkan dapat menciptakan keselarasan dan masukan masyarakat di dalam menyikapi segala permasalahan dan pembangunan yang merata dan berbudaya. Disamping itu pihaknya juga telah merancang program di dalam mengatasi penyebaran Covid-19 dan dilaksanakan secara berkelanjutan.

Walikota IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam arahannya menekankan pentingnya desa adat sebagai pedoman masyarakat yang dapat menjadi sumber pemikiran guna penyelarasan pembangunan berlandaskan kebudayaan. “Desa adat bekerja berlandaskan kebudayaan serta nilai-nilai kearifan lokal. Hal inilah yang menjadi penting bagi pemerintah sehingga pembangunan yang selaras, serasi, dan seimbang berlandaskan Tri Hita Karana menuju keharmonisan dapat terwujud di Kota Denpasar,” ujarnya.

Rai Mantra mengajak seluruh komponen dinas/adat untuk bahu membahu bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Untuk itu dia mengajak seluruh komponen menerapkan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah dan di mana pun berada.

Kegiatan tersebut telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana semua peserta memakai masker, penerapan physical distancing, pengecekan suhu, dan mencuci tangan sebelum acara dimulai. *mis

Komentar