nusabali

Ditiup Angin Kencang, 4 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-ditiup-angin-kencang-4-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali
Ditiup angin kencang, sebanyak 4 pohon tumbang menimpa akses jalan dan kabel milik kabel PLN.

BPBD Karangasem melakukan penanganan di empat lokasi berbeda. Dua pohon tumbang, pohon aren dengan tinggi 10 meter dan diameter 25 cm dan pohon mangga tinggi 7 meter, diameter 25 cm terjadi di Banjar Apityeh, Desa/Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (26/8) sekitar pukul 20.00 Wita.


Pohon tumbang dilaporkan I Komang Sudarta. Petugas BPBD langsung ke lapangan dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa dengan membawa 2 chainsaw. Banjar Apityeh yang menghubungkan Desa Manggis dengan Desa Selumbung sempat tertutup sekitar 2 jam karena pohon aren yang melintang di jalan. Warga masyarakat terjun ke lapangan turut membantu petugas untuk mempercepat penanganan sehingga arus lalulintas lebih cepat normal.

Sedangkan dua pohon lagi tumbang di Banjar Waliang, Desa/Kecamatan Abang, Rabu (26/8) sekitar pukul 13.30 Wita. Pohon aren yang tumbang dengan tinggi 15 meter, diameter 30 cm, dan melinjo dengan tinggi 10 meter dan diameter 25 cm.

Pohon aren dan melinjo yang roboh menimpa kabel PT PLN sehingga sebelum melakukan penanganan berkoordinasi dengan petugas PT PLN untuk memutus aliran listrik sementara. Jika telah dinyatakan aman, barulah petugas BPBD bersama masyarakat melakukan pemotongan batang pohon. “Memang selalu berkoordinasi dengan petugas PT PLN jika ada pohon tumbang menimpa kabel listrik. Sebab akan sangat berbahaya dan berisiko kalau ada kabel listrik langsung melakukan penanganan sebelum aliran listrik diputus," kata Ida Ketut Arimbawa. *k16

loading...

Komentar