nusabali

Suastika Diusulkan Jadi Ketua DPRD Bangli

Gantikan Wayan Diar yang Jadi Tandem Sedana Arta di Pilkada Bangli

  • www.nusabali.com-suastika-diusulkan-jadi-ketua-dprd-bangli

Wayan Diar yang maju di Pilkada harus mundur sebagai anggota dewan dan otomatis mundur dari posisi Ketua DPRD Bangli.

BANGLI, NusaBali

Rekomendasi DPP PDIP untuk calon kepala daerah di enam (6) Pilkada di Bali akhirnya turun. Untuk Pilkada Bangli rekomendasi jatuh ke pasangan Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar (Paket Sedana Arta-Diar). Sedana Arta kini masih menjabat Wakil Bupati Bangli, sedangkan Wayan Diar menjabat Ketua DPRD Bangli. Sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan serta  PKPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencalonan, Wayan Diar yang maju di Pilkada harus mundur sebagai anggota dewan. Mundur dari anggota dewan tentu saja otomatis mundur dari posisi Ketua DPRD Bangli.

Terkait posisi Ketua DPRD Bangli yang akan ditinggalkan Wayan Diar, nama I Ketut Suastika yang paling berpeluang, karena posisinya di struktur partai sebagai Bendahara DPC PDIP Bangli. Saat dikonfirmasi, Jumat (28/8) Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, mengatakan dalam waktu dekat Wayan Diar akan mengundurkan diri sebagai anggota dewan. Nantinya akan dilakukan pengusulan pengganti antar waktu (PAW). Untuk PAW akan diusulkan Ni Wayan Srianing, politisi PDIP yang juga merupakan istri dari Perbekel Satra, Kecamatan Kintamani.

Lebih lanjut, untuk posisi Ketua DPRD Bangli hanya diusulkan satu nama, yakni I Ketut Suastika. "Secara mekanisme, bila Ketua DPC dan Sekretaris maju di Pilkada maka Bendahara yang diusulkan," kata Wakil Bupati Bangli ini. Sedana Arta menambahkan proses pengusulan akan dilakukan sekaligus, yakni untuk PAW dan pengusulan untuk posisi Ketua DPRD.

Ketut Suastika merupakan politisi asal Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku. Dia sudah tiga periode duduk di Fraksi PDIP DPRD Bangli. Periode pertama duduk sebagai anggota biasa. Periode kedua menjabat ketua komisi III. Sedangkan periode ketiga (2019-2024) pernah menjabat ketua fraksi. Hanya saja, belum setahun mengemban jabatan itu, dia dicopot gara-gara indisipliner di Rakernas PDIP 10-12 Januari 2020 lalu.

Sementara pasca turunnya rekomendasi di Pilkada Bangli 2020, Sedana Arta mengaku siap memenangkan tarung di Pilkada Bangli. "Selaku kader partai kami siap mengamankan dan memenangkan Pilkada Bangli," tegasnya. Pasca turunnya rekomendasi akan dilakukan rapat perdana yang akan membahas dan membentuk tim pemenangan partai. Selain itu, akan terus dilakukan komunikasi lintas partai.

"Besok (Sabtu) kami akan rapat untuk pembentukan tim pemenangan di internal partai," katanya. Disinggung soal komunikasi lintas partai, politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, ini mengatakan komunikasi lintas partai tentu di luar Partai Golkar serta Partai NasDem. Sedana Arta mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Partai Gerindra, Hanura dan Demokrat.

"Kami sudah lakukan komunikasi dengan pimpinan lintas parpol yang ada anggota di DPRD Bangli. Namun demikian masing-masing parpol tentunya juga menunggu keputusan induk partai," ujar Sedana Arta. Sementara pengumuman rekomendasi calon kepala daerah oleh DPP PDIP secara virtual, kemarin juga disaksikan kader PDIP Bangli baik di DPC maupun PAC. "Kami siap berjuang untuk memenangkan Pilkada Bangli. Kami akan bekerja all out," ungkap ketua PAC PDIP Susut, I Dewa Suamba Adnyana. Seperti diketahui di Pilkada Bangli 2020, PDIP mengusung paket Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar. Sedana Arta saat ini Ketua DPC PDIP Bangli yang jabat Wakil Bupati Bangli.

Sedana Arta tandem dengan Wayan Diar yang saat ini menjabat Ketua DPRD Bangli. Sedana Arta-Diar akan berhadapan dengan Made Subrata-Ngakan Kutha Parwata. Made Subrata tak lain adik kandung dari Bupati Bangli sekaligus kader senior PDIP Bali I Made Gianyar. Subrata-Kutha Parwata akan diusung koalisi Partai Golkar-NasDem. *esa

loading...

Komentar