nusabali

Mega Minta Adu Gagasan untuk Menangkan Pilkada di Bali

  • www.nusabali.com-mega-minta-adu-gagasan-untuk-menangkan-pilkada-di-bali

DENPASAR, NusaBali
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri umumkan 6 pasangan calon kepala daerah-calon wakil kepala daerah untuk Pilkada 2020 di Bali, Jumat (28/8).

Megawati minta menangkan Pilkada Badung 2020, Pilkada Denpasar 2020, Pilkada Tabanan 2020, Pilkada Jembrana 2020, Pilkada Karangasem 2020, dan Pilkada Bangli 2020 dengan adu gagasan. Pengumuman paket calon, Jumat kemarin, dilakukan Megawati secara virtual dari Kantor DPP PDIP di Jakarta. Sedangkan secara fisik, penyerahan rekomendasi dilakukan langsung Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster kepada 6 pasangan calon di Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Nomor 4 Niti Mandala Denpasar. Sebelum acara puncak, terlebih dulu dilaksanakan sembahyang bersama 6 pasangan calon di Pura Swagina Kantor DPD PDIP Bali.

Pasangan calon yang direkomendasi DPP PDIP untuk maju tarung ke Pilkada 2020 di 6 daerah di Bali, sama persis dengan prediksi NusaBali sebelumnya. Mereka adalah I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan untuk Pilkada Tabanan 2020, incumbent I Nyoman Giri Prasta-I Ketut Suiasa untuk Pilkada Badung 2020, I Gusti Ngurah Jaya Negara-I Kadek Agus Arya Wibawa untuk Pilkada Denpasar 2020, I Made Kembang Hartawan-I Ketut Sugiasa untuk Pilkada Jembrana 2020, I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa untuk Pilkada Karangasem 2020, dan Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar untuk Pilkada Bangli 2020.

IKG Sanjaya yang direkomendasi sebagai Calon Bupati (Cabup) Tabanan adalah politisi asal Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan yang kini Ketua DPC PDIP Tabanan dan masih menjabat Wakil Bupati Tabanan 2016-2021. Tandemnya di piosisi Cawabup Tabanan, Made Edi Wirawan, adalah politisi asal Desa Beraban, Kecamatan yang kini Ketua PAC PDIP Kediri dan masih duduk di DPRD Tabanan. Dalam Pilkada Tabanan 2020 nanti, pasangan IKG Sanjaya-Edi Wirawan akan tarung head to head melawan AA Ngurah Panji Astika-Dewa Nyoman Budiasa, paket calon yang diusung Golkar-Nasdem-Demokrat.

Sedangkan Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa yang direkomendasi sebagai Cabup-Cawsabup Badung, merupakan pasangan incumbent yang kini masih menjabat Bupati-Wakil Bupati Badung 20216-2021. Nyoman Giri Prasta adalah politisi asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Badung. Sebelum menjadi Bupati Badung, Giri Prasta sempat dua periode menjabat Ketua DPRD Badung (2009-2014, 2014-2015).

Tandemnya di posisi Cawabup, I Ketut Suiasa, adalah politisi asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung yang kini menjabat Wakil Ketua Badan Saksi Pemilu DPD PDIP Bali. Sebelum naik jadi Wakil Bupati, mantan Ketua DPD II Golkar Badung ini sempat dua periode menjabat Wakil Ketua DPRD Badung dari Fraksi Golkar (2009-2014, 2014-2015). Dalam Pilkada Badung 2020 nanti, Giri Prasta-Suiasa akan tarung head to head melawan pasangan I Gusti Ngurah Agung Diatmika-I Wayan Muntra, paket calon yang diwacanakan diusung Golkar-Gerin-dra-NasDem.

Kemudian, IGN Jaya Negara yang direkomnendasi sebagai Calon Walikota Denpasar adalah politisi asal Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur yang kini menjabat Sekretaris DPD PDIP Bali dan sekaligus Wakil Walikota Denpasar. Jaya Negara sudah tiga periode menjabat Wakil Walikota mendampingi IB Rai Dharmawijaya Mantra (2008-2010, 2010-2015, 2016-2021). Tandemnya di poisisi Calon Wakil Walikota, Kadek Agus Arya Wibawa, adalah politisi asal Desa Pedung-an, Kecamatan Denpasar Selatan yang kini Sekretaris DPC PDIP Denpa-sar dan sekaligus Ketua Fraksi PDIP DPRD Denpasar. Dalam Pilkada Denpasar 2020 nanti, Jaya Negara-Arya Wibawa akan tarung head to head melawan Gede Ngurah Ambara Putra-Made Bagus Kertanegara, paket calon yang diusung Golkar-Demokrat-NasDem.

Sementara Made Kembang Hartawan yang direkomendasi sebagai Cabup Jembrana, adalah politisi asal Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Jembrana dan sekaligus Wakil Bupati Jembrana dua kali periode (2010-2015, 2016-2021). Tandemnya di posisi Cawabup, I Ketut Sugiasa, adalah politisi asal Desa Dauhwaru, Kecamatan Jembrana yang kini Wakil Ketua Bidang Maritim DPD PDIP Bali dan sekaligus anggota DPRD Bali 2019-2024 Dapil Jembrana. Dalam Pilkada Jembrana 2020 nanti, Kembang-Sugiasa akan tarung head to head melawan Nedngah Tamba-I Gede Ngurah Patriana Krisna, paket calon yang diusung Golkar bersama koalisinya.

Sedangkan I Gede Dana yang direkomendasi sebagai Cabup Karangasem, adalah politisi asal Desa Datah, Kecamatan Abang yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Karangasem dan sekaligus Ketua DPRD Karangasem dua periode (2009-2014, 2019-2024). Tandemnya di psisi Cawabup, I Wayan Artha Dipa, adalah birokrat asal Banjar Pakel, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen kini maish menjabat Wakil Bupati Karangasem 2016-2021. Dalam Pilkada Karangasem 2020, Gede Dana-Artha Dipa akan tarung head to head melawan I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Mage Sukerana, paket calon yang diusung koalisi Golkar-NasDem-Gerindra-Demokrat.

Sebaliknya, Sang Nyoman Sedana Arta yang direkomnendasi sebagai Cabup Bangli adalah politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Bangli dan sekaligus Wakil Bupati Bangli dua periode (2010-2015, 2016-2021). Tandemnya di posisi Cawabup, I Wayan Diar, adalah politisi asal kawasan pegunungan Desa Belantih, Kecamatan Kintamani yang kini menjabat Sekretaris DPC PDIP Bangli dan sekaligus Ketua DPRD Bangli 2019-2024. Dalam Pilkada Bangli 2020 nanti, Sedana Arta-Wayan Diar akan tarung head to head melawan I Made Subrata-Ngakan Maade Kutha Parwata, paket calon yang diusung Golkar bersama mitra koalisinya.

Dalam arahannya secara virtual, Jumat kemarin, Megawati meminta paket calon di Bali adu gagasan untuk memenangkan Pilkada serentak, 9 Desember 2020 mendatang. "Paslon yang direkomendasikan ini, karena partai memberikan kepercayaan. Saya selaku ketua umum yang memberikan kepercayaan. Maka, adulah gagasan dan ide di Pilkada untuk merebut hati rakyat," ujar Megawati yang kemarin didampingi Wakil Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

Megawati juga ingatkan paket calon siapkan program terbaik, karena ini pemilihan rakyat. "Di Bali rakyat sangat percaya dengan PDI Perjuangan. Terbukti raihan kursi DPRD dan DPR RI Dapil Bali cukup signifikan, sehingga kita bisa mengusung sendiri paket calon," tegas Megawati.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster meminta seluruh kader amankan rekomendasi paket calon yang diturunkan DPP PDIP. Artinya, seluruh kader PDIP harua mendukung dan memenangkan paket calon yang diusung di Pilkada 2020. "Kader harus patuh, bekerja gotong royong memenangkan paslon yang diusung partai. Jangan ada yang berbuat aneh, karena kecewa tidak dapat rekomendasi," papar Wayan Koster dalam arahannya seusai penyerahan rekomendasi di Kantor DPD PDIP Bali, Jumat kemarin.

Menurut Koster, paket calon yang diusung PDIP akan didaftarkan ke KPU Kabupaten/Kota secara serentak, 4 September 2020 pagi pukul 10.00 Wita, dengan tetap kedepankan protokol kesehatan cegah Covid-19. "Tidak banyak membawa massa ke KPU. Setelah pendaftaran, laksanakan deklrasinya ke kecamatan sampai ke desa-desa," ujar Koster yang kemarin didampingi para Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali.

"Saya paham ada pandemi Covid-19. Deklarasi ke desa-desa nanti tetap diupayakan diatur. Saya yakin dengan soliditas dan citra partai yang saat ini cukup baik, akan menghasilkan kemenangan," lanjut politisi senior asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga Gubernur Bali ini.

Koster meminta para semua paket calon yang diusung PDIP untuk menjabarkan visi misi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’. "Kita adu ide. Jangan menyerang lawan dengan cara negatif. Dan, jangan pernah meremehkan lawan," tegas mantan anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP Dapil Bali tiga kali periode ini. *nat

loading...

Komentar