nusabali

Ini Dia Nama Paslon Pilkada 2020 Pilihan PDIP Gelombang IV

  • www.nusabali.com-ini-dia-nama-paslon-pilkada-2020-pilihan-pdip-gelombang-iv

Pada pengumuman Gelombang IV ini dikonfirmasikan enam kandidat dari Bali yang bakal maju Pilkada 9 Desember 2020. Sementara itu pasangan calon (paslon) untuk Pilkada Kota Surabaya masih belum terungkap.

JAKARTA, NusaBali
DPP PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan empat pasangan calon gubernur-wakil gubernur, dan 58 pasangan calon  kepala daerah (Cakada) tingkat kabupaten/kota, lewat pengumuman gelombang IV yang dilaksanakan secara virtual, di Jakarta, Jumat (28/8).  Sebelumnya, PDIP sudah mengumumkan Gelombang I pada 19 Februari, lalu Gelombang II pada 17 Juli, dan Gelombang III pada 11 Agustus 2020 lalu.

Pengumuman kali ini dibacakan oleh Ketua DPP PDIP bidang politik, Puan Maharani, dan disaksikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, serta Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto. Sejumlah Ketua DPP dan struktur pusat partai lainnya juga hadir seperti Eriko Sotarduga, Juliari Batubara, Djarot Saiful Hidayat, Wiryanti Sukamdani, dan Ribka Tjiptaning.

"Syukur alhamdulillah, bahwa pada kesempatan ini kita akan masuk pada pengumuman rekomendasi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah gelombang ke IV, yang akan dilakukan pada hari ini Jumat 28 Agustus 2020. Sekarang saya akan membacakan terkait rekomendasi yang akan diberikan kepada calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah," kata Puan.

Dari sejumlah nama yang diumumkan oleh Puan, termasuk di antaranya adalah Adly Fairuz, cucu Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Ahmad Adly Fairuz maju sebagai calon wakil bupati Karawang berpasangan dengan Dr. Yessy Karya Liant. Sementara empat pasangan gubernur-wakil gubernur yang diumumkan termasuk untuk Provinsi Jambi, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Utara, dan Provinsi Sulawesi Tengah.

Namun pada pengumuman Gelombang IV, ternyata nama kandidat untuk Pilkada Kota Surabaya, Jawa Timur, belum diketahui. Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani yang menunjukkan sebuah amplop tertutup itu ketika selesai membacakan 4 pasangan calon gubernur-wakil gubernur dan 58 calon wali kota/bupati PDIP.

Amplop itu berisi nama calon wali kota-calon wakil wali kota Surabaya. Awalnya, Puan memanggil para pengurus partai di Jawa Timur dan Surabaya. Namun, karena masalah teknis akibat jaringan internet, para pengurus Jawa Timur belum bisa masuk. Puan pun berinisiatif dan menyatakan bahwa sudah ada nama-nama calon dari PDIP yang akan diumumkan. "Terkait calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah di kota Surabaya ini sudah ada suratnya. Karena belum tersambung, nanti akan diumumkan pada waktu yang akan datang," kata Puan.


loading...

Komentar