nusabali

Unud Kembangkan Produk Olahan Teh

Untuk Sistem Imun Hadapi Covid-19

  • www.nusabali.com-unud-kembangkan-produk-olahan-teh

“SOC Tea bisa membantu kita menjaga daya tahan tubuh kita, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai pencegahan penularan Covid-19”

DENPASAR, NusaBali

Universitas Udayana (Unud) Bali mengembangkan produksi olahan teh bernama ‘Seger Oger Corona Tea’ (SOC Tea) yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun selama masa pandemi Covid-19.

"SOC Tea adalah teh yang berasal dari daun kelor dan daun ubi merah. Secara tradisional kedua daun ini telah dimanfaatkan sebagai bahan dasar teh yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh. Banyak penelitian yang melaporkan kedua daun tersebut memiliki efek sebagai imunostimulan," kata Dosen Fakultas MIPA, Universitas Udayana, Dr I Made Agus Gelgel Wirasuta dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Rabu (26/8).

Dr Made Agus Gelgel mengatakan bahwa teh ini memiliki komponen berupa daun kelor dan daun ubi merah. SOC Tea memiliki beberapa varian rasa, yaitu rasa original, rasa tis dari daun metha, rasa anget dari jahe.

Proses pembuatannya, yaitu dengan mengeringkan kedua daun ini hingga menjadi serbuk. Kedua daun dikeringkan dengan oven hingga kering, dan kandungan kadar airnya kurang dari 10 persen. Lalu, daun kelor dan daun ubi merah yang sudah kering dihaluskan atau diserbukkan, dicampurkan dan diramu dengan perasa dedaunan lain. Tahap terakhir yaitu melakukan pengemasan ke dalam kantong teh. "Saat pandemi ini kita butuh pangan olahan yang memiliki efek sebagai imunostimulan. Kata SOC memiliki arti yaitu Seger Oger Corona. SOC Tea bisa membantu kita menjaga daya tahan tubuh kita, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai pencegahan penularan Covid-19," katanya.

Dr Made Agus Gelgel mengatakan, SOC Tea memiliki keunggulan yaitu bentuk ramuan pangan olahan yang dapat digunakan sebagai pencegahan penularan Covid-19, melalui peningkatan imunostimulan tubuh. "Awalnya, saya banyak meneliti tentang ilmu untuk menurunkan kadar gula darah tapi problemnya hasil isolasi dari zat aktifnya tidak stabil sehingga mencari teknologi dan memperdalam lagi untuk stabil," katanya.

Menurut dia, saat pandemi muncul inovasi mendapatkan bahan alam untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan ternyata kelor melalui imonustimulan jadi memacu efek sistem imun di dalam tubuh.  "Ubi zat merah juga memiliki zat aktif antosianin dengan efek imunostimulan," jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa daun ubi merah memiliki bagian senyawa aktif dalam proses berinterakasi dengan reseptor ACE2 untuk menghambat virus masuk ke dalam inti sel.

Saat ini, pengolahan SOC Tea akan menjalin kerja sama dengan UKMK Made tea sebagai produk inovasi dan sudah dalam tahap pendaftaran izin edar di Badan POM Bali. Selain itu, tim juga sedang dalam proses mencari target pasar untuk pemasaran dari SOC Tea. *ant

Komentar