nusabali

DNetwork Rilis Program ‘Aku Mampu’

Pelatihan Juga Ditujukan untuk Perusahaan yang Merekut Disabilitas

  • www.nusabali.com-dnetwork-rilis-program-aku-mampu

DENPASAR, NusaBali
Era masa kini menuntut para pencari kerja untuk memiliki keterampilan tertentu. Tak hanya dalam perihal pencari kerja, namun juga dalam mengembangkan usaha tersendiri.

Untuk memberikan keterampilan lebih pada para penyandang disabilitas, Dnetwork baru saja merilis program terbarunya, yakni Aku Mampu. Program ini dirilis secara virtual melalui berbagai kanal virtual pada Sabtu (22/8).

Program ini merupakan program baru DNetwork yang didukung penuh oleh YSEALI (Young South East Asian Leaders Initiative) Seeds for the Future, sebuah program asuhan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang didanai melalui hibah dari Misi Amerika Serikat untuk ASEAN.

Sejalan dengan tujuan untuk memberikan keterampilan agar sesuai dengan peluang karir dan usaha masa kini, maka Aku Mampu dilengkapi dengan rangkaian program. “Aku Mampu ini terdiri dari program untuk teman-teman pencari kerja disabilitas dan untuk perusahaan-perusahaan inklusif,” ujar Hani Fauzia Ramadhani selaku DNetwork Project Manager. 

Rangkaian program yang dimaksud, yaitu modul persiapan kerja bagi disabilitas. Di modul ini, terdapat berbagai materi mengenai seluk beluk persiapan CV dan interview kerja, dan informasi mengenai pekerja lepas yang sekarang banyak digeluti. “Untuk teman-teman disabilitas, ada modul online yang aksesibel dalam tiga format, ada PDF atau teks, ada BISINDO alias dalam bentuk video, dan ada audio,” lanjutnya dalam peluncuran program Aku Mampu yang ditayangkan secara virtual ini. 


Selain itu, ada pula pelatihan online untuk penyandang disabilitas, pelatihan wirausaha dan beasiswa modal usaha, kesempatan magang dan kerja di perusahaan-perusahaan, hingga pelatihan online bagi perusahaan yang juga memberikan tips bagi pemilik perusahaan untuk memperkerjakan penyandang disabilitas. 

“Sejak 2013 DNetwork telah menghubungkan teman-teman pencari kerja ke perusahaan-perusahaan yang memang membuka lowongan untuk teman-teman disabilitas. Jadi dalam program Aku Mampu ini, kami harap teman-teman lebih siap untuk kami tempatkan di pekerjaan atau tempat magang,” Hani Fauzia menerangkan. 

Khusus untuk pelatihan kepada perusahaan, beberapa materi yang akan diberikan yakni pelatihan tentang inklusi, kursus BISINDO, dan pendampingan rekrutmen tenaga kerja disabilitas. “Kadang-kadang perusahaan tidak tahu harus mulai dari mana, atau takut karena tidak sering berinteraksi dengan teman-teman disabilitas, misalnya. Jadi akan kita bantu untuk mendampingi,” ungkapnya.*cr74

Komentar