nusabali

Pemkab Buleleng mengupayakan akreditasi rumah sakit naik menjadi Tipe D

Dua RS Pratama di Buleleng Dirancang Jadi RS Rujukan

  • www.nusabali.com-pemkab-buleleng-mengupayakan-akreditasi-rumah-sakit-naik-menjadi-tipe-d

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng saat ini tengah membentuk dua Rumah Sakit Pratama di Buleleng menjadi rumah sakit rujukan.

Keduanya yakni Rumah sakit Pratama Giri Emas di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, dan RS Pratama Tangguwisia di Desa Tangguwisia, Kecamatan Seririt. Kedua RS ini masih berstatus sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Sekda Buleleng Gede Suyasa, Selasa (25/8), mengatakan sejauh ini dua RS pratama di Buleleng itu jika dilihat dari pemenuhan sarana prasarana, fasilitas pendukung, dan SDM, sudah setara dengan rumah sakit tipe D. Namun sejak beroperasi tiga tahun lebih belum terakreditasi. “Kalau sudah berizin artinya semua syarat terpenuhi sarana prasarana dan SDMnya. Salah satunya minimal ada 4 dokter spesialis, hanya belum terakreditasi saja. Ini yang kami dorong sehingga bisa menjadi rumah sakit tipe D,” jelas mantan Kadisdikpora Buleleng ini.

Setelah terakreditasi, jelas Suyasa, RS Pratama Giri Emas dan Tangguwisia sudah dapat menangani pasien rujukan dari FKTP, baik Puskesmas maupun dokter praktik umum. Dua rumah sakit pratama yang saat ini masih bernaung secara administrasi di Dinas Kesehatan Buleleng, juga masih dikelola melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT). Ke depannya Sekda Suyasa juga berharap setelah terakreditasi bisa diterapkan berpola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Menurut birokrat asal Desa/Kecamatan Tejakula ini, perubahan manajemen dari UPT ke BLUD akan memudahkan pengelolaan rumah sakit. Kemudahan itu baik dari segi pemanfaatan, pengelolaan maupun penggalian pendapatan BLUD yang memang diperkenankan secara aturan. Sekda Suyasa pun menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan segera mengajukan akreditasi dua rumah sakit pratama tersebut ke Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), sehingga lebih cepat terwujud.

Sementara itu, pembangunan dua rumah sakit pratama di Buleleng, dilakukan untuk mendekatkan layanan kesehatan masyarakat Buleleng barat yang ditangani RS Pratama Tangguwisia dan Buleleng timur di RS Pratama Giri Emas.*k23

Komentar