nusabali

Jelang Pendaftaran, Rekomendasi Pasangan Calon Belum Turun

  • www.nusabali.com-jelang-pendaftaran-rekomendasi-pasangan-calon-belum-turun

MANGUPURA, NusaBali
Pendaftaran pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Badung pada Pilkada serentak tahun 2020 bakal dimulai pada 4-6 September ini.

Kendati begitu baik PDIP maupun partai koalisi penantang PDIP, yakni Koalisi Rakyat Badung Bangkit (KRBB) belum secara resmi mendeklarasikan pasangan calon yang bakal diusung dan didaftarkan ke KPU Badung.

Peta politik sebetulnya sudah tergambar. PDIP hampir final mendukung incumbent, yakni I Nyoman Giri Prasta sebagai Cabup dan I Ketut Suiasa sebagai Cawabup. Hanya tinggal menunggu rekomendasi keluar saja dari DPP PDIP.

Begitu pun KRBB sudah bertekad mendukung pasangan Cabup-Cawabup I Gusti Ngurah Agung Diatmika-I Wayan Muntra (Diatmika-Muntra). Namun, persoalannya sama tinggal menunggu rekomendasi resmi dari masing-masing partai pendukung yang tergabung dalam KRBB, yakni Golkar, Gerindra dan NasDem.

Ketua KRBB, AA Tri Candra Arka, saat dikonfirmasi mengakui masih menunggu keluarnya rekomendasi resmi dari DPP Golkar maupun DPP Gerindra mengusung pasangan Diatmika-Muntra untuk mendaftar ke KPU Badung.

“Kalau mengacu pada kesepakatan yang kita buat pada 31 Juli 2020 di Sekretariat KRBB, 3 partai politik yang masuk KRBB, yakni Golkar, Gerindra dan NasDem sudah sepakat dan bulat untuk mengusung pasangan Diatmika-Muntra. Namun, sejauh ini baru rekomendasi dari NasDem yang sudah tiyang (saya) terima, Senin (24/8),” katanya, Selasa (25/8). “Tiyang (saya) masih menunggu rekomendasi dari Golkar yang kabarnya bakal keluar dalam minggu ini. Begitu juga dengan Gerindra mudah-mudahan minggu ini sudah clear. Dengan Gerindra akan dikomunikasikan lagi,” tegasnya.

Disinggung apakah KRBB sudah menentukan hari untuk mengantarkan bakal calon mendaftar ke KPU Badung, politisi asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara ini mengaku belum melangkah sejauh itu. “Yang jelas kalau rekomendasi sudah keluar semua, tentu kita akan adakan pertemuan lagi untuk mencari hari baik mendaftar. Pendaftaran kan dari tanggal 4-6 September 2020,” tandas Gung Cok.

Sementara, beredar kabar I Nyoman Giri Prasta selaku Ketua DPC PDIP Badung dan sekaligus bakal calon incumbent dipanggil Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, terkait rekomendasi. Hanya saja, informasi itu langsung dibantah oleh Giri Prasta. “Tidak, tidak ada dipanggil,” ucapnya singkat usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Badung, Selasa (25/8) kemarin.

Walau demikian, dalam beberapa kesempatan Giri Prasta menegaskan tidak akan mendahului kewenangan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP menyangkut rekomendasi. “Kami menunggu apapun hasilnya dan yang diputuskan oleh ibu ketua umum terkait Pilkada Badung kita harus hormati dan kita jalani,” katanya.

Pada bagian lain, Sekretaris DPC PDIP Badung, I Putu Parwata, tak banyak memberikan komentar perihal ini. Menurut dia terkait rekomendasi sepenuhnya menjadi kewenangan DPP PDIP. Sementara itu Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, mengatakan jadwal pendaftaran pasangan calon di Pilkada Badung 2020 akan digelar pada 4-6 September 2020. “Sedangkan untuk penetapan pasangan calon pada tanggal 23 September 2020,” katanya. *asa

Komentar