nusabali

Bayern Juara, Liverpool Dapat Duit Rp 87 Miliar

  • www.nusabali.com-bayern-juara-liverpool-dapat-duit-rp-87-miliar

LISBON, NusaBali
Sukses Philippe Coutinho (28 tahun) mengangkat trofi Liga Champions bersama Bayern Muenchen, membuat Liverpool bak mendapat durian runtuh.

Ya, juata Liga Inggris 2019/2020 itu mendapat uang 5 juta euro (Rp 87 miliar) dari Barcelona, yang membeli Coutinho dari Liverpool pada Januari 2018.

Dalam klausul pembelian Coutinho, tertera kewajiban Barcelona membayar 5 juta euro pada Liverpool, jika pemain asal Brasil itu mengangkat trofi Liga Champions. Memang tak ada keterangan atau keharusan, d mana Coutinho merebut gelar trofi itu.

Kewajiban membayar bonus ke Liverpool tetap jadi tanggung jawab Barcelona, meski meminjamkan Coutinho ke Bayern. Die Roten meminjam Coutinho semusim dengan biaya 8,5 juta euro.

Coutinho bukan cuma membuat Barcelona harus keluar uang, tapi juga ambil bagian atas tersingkirnya Barca di perempatfinal dengan skor 2-8. Coutinho dua kali membobol gawang Blaugrana.

Nah, masa pinjaman Coutinho di Barcelona tuntas pada akhir Agustus. Bayern punya opsi mempermanenkan Coutinho dengan mahar 120 juta euro. Di sisi lain, Barca seperti tidak bakal melepas Coutinho. Kabarnya, Ronald Koeman selaku pelatih baru membutuhkan tenaga Coutinho di Camp Nou.

Meski demikian, Coutinho menyatakan dirinya harus pulang ke Brasil menjelang kembali ke Barcelona dari masa peminjaman di Bayern.  Coutinho, mengaku belum tahu akan berlabuh ke mana.

"Saya belum memikirkan tentang itu. Saya harus kembali dan saya ingin bekerja keras untuk memiliki tahun yang hebat. Saya tidak tahu apakah [itu akan] di Barcelona," ujar Coutinho.

Sebelumnya, Coutinho sempat dinilai salah saat meninggalkan Liverpool. Kini dia membuktikan keputusan itu jadi berkah walaupun tak mudah jalannya. Bahkan pencapaian Coutinho lebih hebat dari Liverpool musim ini, yakni treble winner. Bayern sebelumnya sukses memenangi Bundesliga dan DFB-Pokal. Liverpool musim ini meraih gelar Liga Inggris. Barcelona lebih tragis tanpa gelar di akhir musim 2019/2020. *

loading...

Komentar