nusabali

Dinas PKP Tebar 100 Ribu Benih Ikan di Danau Batur

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-tebar-100-ribu-benih-ikan-di-danau-batur

BANGLI, NusaBali
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli tebar 100 ribu benih ikan nila di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Senin (24/8).

Penebaran benih ikan (restocking) di Danau Batur serangkaian HUT ke-75 RI, HUT ke-72 Polwan, dan HUT ke-68 Bhayangkari. Tebar benih ikan bertujuan menjaga populasi ikan di Danau Batur.  Kadis PKP Bangli, I Wayan Sarma, mengatakan penebaran ikan sebagai upaya mengembalikan populasi ekosistem Danau Batur, khususnya populasi ikan akibat eksploitasi berlebihan. Kegiatan penebaran ikan di perairan umum dalam rangka pelestarian perikanan serta untuk memulihkan populasi stok ikan di Danau Batur. Jumlah ikan yang ditebar di perairan umum sebanyak 300 ribu ekor yang tersebar di 3 kecamatan yakni Kecamatan Kintamani sebanyak 100 ribu ekor, Kecamatan Bangli sebanyak 150 ribu ekor, dan Kecamatan Tembuku sebanyak 50 ribu ekor.

Sementara penebaran ikan di Danau Batur dilakukan di 4 titik yakni di perairan Desa Kedisan, perairan Desa Buahan, perairan Desa Abang Songan, dan perairan Desa Songan B dengan jumlah penebaran sebanyak 100 ribu ekor. “Kami berharap kepada masyarakat untuk bersatu berperan aktif menjaga kebersihan Danau Batur demi kelestarian sumber daya alam yang kita miliki,” pinta Wayan Sarma.

Bupati Bangli, I Made Gianyar, mengatakan Danau Batur merupakan salah satu perairan umum yang ada di Bangli. Posisinya strategis dan berfungsi multi guna, selain dimanfaatkan sektor perikanan, juga dimanfaatkan untuk sektor pertanian, pariwisata, perhubungan dan sebagainya. Perairan umum ini merupakan salah satu sumber daya perairan yang potensial untuk lebih dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan, khususnya kebutuhan protein hewani dari ikan.

Menurut Bupati Made Gianyar, kegiatan restocking ini adalah langkah terbaik untuk meningkatkan jumlah populasi ikan dan melakukan pemulihan stok ikan yang ada di Danau Batur. Kegiatan restocking ini juga sudah dilakukan oleh Pemkab Bangli secara berkelanjutan dari tahun ke tahun. "Langkah ini perlu juga adanya dukungan dari pihak swasta, pelaku usaha di bidang perikanan maupun masyarakat umum," sebutnya.

Ditambahkan pula, kegiatan restocking ini merupakan salah satu usaha untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat dan tujuan lainnya adalah untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang yang nantinya dapat bermuara pada kelestarian lingkungan khususnya Danau Batur. *esa

loading...

Komentar