nusabali

Sehari, 32 Pelamar Nakes Covid-19

  • www.nusabali.com-sehari-32-pelamar-nakes-covid-19

SEMARAPURA, NusaBali
Animo masyarakat ingin menjadi tenaga kesehatan (nakes) di ruang isolasi pasien Covid-19, RSUD Klungkung, ternyata cukup tinggi.

Terbukti, pendaftaran pada hari pertama 32 pelamar dari kuota 40 nakes. Dari 40 nakes ini akan ditugaskan menjadi perawat 30 orang, dan 10 tenaga pendukung pelayanan Covid-19. Dirut RSUD Klungkung dr Nyoman Kesuma menegaskan meskipun berhadapan langsung melayani pasien Covid-19, para calon nakes ini tidak perlu khawatir. Karena selama bertugas sudah mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. "Untuk 8 nakes RSUD Klungkung yang sempat terpapar Covid-19, mereka tidak ada tertular dari pasien. Mereka tertular dari keluarganya maupun kerabat di rumah," tegas dr Nyoman Kesuma, Senin (24/8).

Dirut dr Kesuma menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini justru risiko penularan Covid-19 terjadi di lapangan ketika tidak menjaga protokol kesehatan atau kontak erat dengan orang tanpa gejala (OTG). "Pelamar pada hari pertama ini mencapai  32 orang, yakni 12 orang melamar menjadi perawat dan 20 orang menjadi pendukung pelayanan," imbuh dr Kesuma.

Disebutkan, RSUD Klungkung merekrut 40 nakes untuk ditempatkan di ruang isolasi perawatan pasien Covid-19. Pasalnya, dengan semakin membeludaknya pasien positif maupun suspect atau PDP, tenaga medis yang disiagakan menjadi kewalahan. Karena ruangan isolasi pun bertambah. Lamaran pendaftaran rekrutmen nakes pada 24 - 26 Agustus 2020, di RSUD Klungkung. *wan

Komentar