nusabali

Rangking I Tak Menjamin Jadi Kadis

  • www.nusabali.com-rangking-i-tak-menjamin-jadi-kadis

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengaku akan menggunakan hak preogratifnya dalam mengisi 4 pejabat eselon II yang kosong.

Keputusan ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat itu, Bupati Suwirta memastikan melantik pejabat yang mendapat rangking terbaik hasil test  panitia seleksi (pansel). Hingga saat ini bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini mengaku sudah mengantongi nama calon kadis (kepala dinas) yang bersangkutan. Masing-masing Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora), Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. "Yang jelas, saya pilih satu di antara yang lolos dengan rangking 3 besar di masing-masing posisi tersebut," ujar Bupati Suwirta, saat dihubungi Senin (24/8).

Dia mengakui pengisian posisi eselon II pada tahun-tahun sebelumnya langsung dipilih rangking I  hasil tes pandel. Hanya saja, jelasBupati Suwirta, saat itu kebetulan cocok dan sesuai. "Dengan pegalaman 7 tahun jadi bupati, kami jadi tahu administrasi tidak segalanya. Tapi pengalaman lapangan, karena pejabat lebih banyak ke lapangan," ujar Bupati Suwirta.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klungkung I Komang Susana menambahkan, seleksi pengisian posisi 4 kursi eselon II tersebut diikuti oleh 21 pejabat yang semuanya dari eselon III.  Dengan tahapan seleksi diawali tecnical meeting sejak 7 Agustus 2020, dilanjutkan persentasi makalah dan wawancara akhir pada 10-11 Agustus, tes kompetensi manajerial dan sosio kultural pada 12-13 Agustus, pengumuman akhir 3 nama calon terbik pada 19 Agustus. "Seleksi ini dilakukan secara terbuka oleh pansel (panitia seleksi)," ujar Susana.

Rangking I pejabat yang merebut kursi Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan, masing-masing I Komang Gde Wisnuadi (Camat Klungkung/83,44), disusul I Ketut Arie Gunawan (Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan/Baperlitbang/82,22), dan I Wayan Sudiarsa (Kepala Bidang Ideologi dan Wawasa Kebangsaan, di Perlindungan Masyarakat/Kesbangpolinmas/79,51).

Rangking pertama yang memperebutkan kursi Kepala Dinas Pariwisata, yakni Camat Dawan AA Gede Putra Wedana (82,72),  Dewa Komang Aswin (Sekretaris Kesbangpolinmas/77,05), I Nyoman Sidang (Kepala Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam, Infrastruktur, dan Kewilayahan di Baperlitbang/76,43).

Rangking pertama yang memperebutkan kursi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dewa Ketut Sueta Negara (Sekreteris Inspektorat/79,40), I Gusti Agung Gede Mahajaya (79,14), I Wayan Wirata (Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).

Rangking pertama yang memperebutkan posisi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora), Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana (Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan/82,25). I Ketut Sujana (Sekretaris Dinas Pendidikan/77,99), dan I Gusti Ngurah Suarba (Sekretaris Disbudpora/76,01).*wan

Komentar