nusabali

Bakar Sampah, Beringin Terbakar

  • www.nusabali.com-bakar-sampah-beringin-terbakar

SEMARAPURA, NusaBali
Pohon beringin tua tinggi sekitar 30 meter di Pura Dang Kahyangan Manik Bingin, Desa Adat Kemoning, Kecamatan Klungkung, terbakar, Minggu (23/8) sore.

Diduga kebakaran karena percikan api sisa pembakaran sampah di areal beringin tersebut. Api mudah menjalar karena bagian dalam beringin kering. Api dengan cepat menjalar ke ranting atas. Informasi yang dihimpun kejadian ini bermula pada Minggu sekitar pukul 07.00 Wita, krama pangempon Pura Dang Kahyangan Manik Bingin melaksanakan kerja bakti bersih bersih. Selanjutnya sampah dari kerja bakti dibakar di sebelah selatan pohon beringin di jaba pura. Sekitar pukul 08.00 Wita, krama selesai kerja bakti dan pulang ke rumah masing-masing. Di bekas pembakaran sampah, api masih menyala. Kemudian sekitar 16.00 Wita, seorang saksi mata Wayan Sutarjana,52, yang rumahnya di sebelah utara Pura Manik Bingin, melihat api sudah membakar pohon beringin pada batang. Daun beringin terbakar juga terbang ke arah rumahnya yang berjarak 12 meter dari pura, hingga mengenai salah satu atap pelinggih di merajannya. Namun, segera dapat dipadamkan.

Sutarjana menyampaikan peristiwa  kebakaran tersebut kepada Kelian Pura Manik Bingin, Nengah Sumarjana,50.

Sumarjana melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Klungkung, diteruskan ke petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). Sedangkan, Sutarjana membunyikan kentongan (kulkul) pura, penanda ada bencana. Mendengar suara kulkul itu, krama sekitar berkumpul dan memadamkan api dangan alat seadanya. Petugas Damkar Klungkung juga tiba di TKP untuk memadamkan api. Dengan kekuatan 4 unit kendaraan Damkar, api dapat dipadamkan pukul 17.35 Wita. Kejadian ini diwarnai dua krama istri kerauhan di areal pura.

Kasatpol PP dan Damkar Klungkung I Putu Suarta mengatakan kejadian ini karena percikan api dari pembakaran sampah di areal beringin. "Cuaca saat kejadian panas dan angin bertiup kencang,’’ ujarnya. *wan

Komentar