nusabali

Pasar Senggol Akan Dipindah ke Pesiapan

  • www.nusabali.com-pasar-senggol-akan-dipindah-ke-pesiapan

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meninjau Pasar Pesiapan di kawasan Terminal Pesiapan, Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Jumat (21/8).

Bupati turun untuk melihat kondisi penataan pasar di tengah penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal.  Dalam kesempatan itu, Bupati Eka mengungkapkan bangunan kios di Pasar Pesiapan rencananya akan ditata. Dimana DED (Detail Engenering Design) penataan Pasar Pesiapan sedang dipersiapkan. Setelah dilakukan penataan. Pasar Senggol akan dipindah ke Pasar Pesiapan. "Secara umum penataan pasar ini (di tengah pandemi,Red) sudah baik," ujarnya.

Hanya saja, lanjut Bupati Eka, ke depan kawasan pasar perlu dilakukan penataan lebih baik. Selain kios, drainase, pengolahan sampah maupun taman harus ditata demi kebersihan kawasan pasar tradisional. "Penataan dimulai dengan penataan kios. DED tengah dipersiapkan. Karena kedepan di Pasar Pesiapan malamnya bisa digunakan Pasar Senggol," tegasnya.

Namun Bupati Eka belum bisa memastikan Pasar Senggol ini kapan akan dipindah. Karena harus dilakukan persiapan terlebih matang. Selain itu, harus dilakukan koordinasi dengan pedagang. "Sebelumnya kami sudah informasikan kepada para pedagang. Karena tempatnya belum siap, jadi belum bisa dilakukan pemindahan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat," katanya.

Bupati Eka juga menyampaikan untuk pembatasan jam buka operasional pasar belum bisa diberlakukan normal terhadap seluruh pasar tradisional di Tabanan. Meskipun sudah dalam kondisi new normal, namun kasus transmisi lokal masih terus bertambah. "Jam operasional pasar masih kami batasi karena kasus Corona terus bertambah. Jangan sampai petugas kesehatan kita kewalahan dalam menangani pasien," tegasnya.

Sebelumnya, Pemkab Tabanan sudah dua kali mengubah jam operasional pasar. Pertama, untuk mencegah penyebaran virus di pasar, operasional pasar hanya dibuka 5 jam mulai dari pukul 11.00 - 15.00 Wita. Namun pada Mei 2020, karena dirasa Tabanan sudah dalam kondisi aman Covid-19, jam pasar operasional pasar kembali diubah yakni bisa dibuka mulai pukul 08.00 - 15.00 Wita. Begitu pun untuk jam operasional toko modern yang sebelumnya dibatasi dari pukul 11.00 - 17.00 Wita, kini diberikan perpanjangan buka dari pukul 10.00-22.00 Wita. Jam operasional pasar dan toko modern berlaku sampai sekarang.

Agar kasus transmisi lokal tak meluas, para pedagang di pasar yang melanggar Surat Edaran Bupati Tabanan tentang jam operasional, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tabanan, sudah berkoordinasi dengan Satpol PP. "Pedagang buka subuh, kemungkinan karena ada pembeli sehingga pedagang melanggar. Maka dari itu kami imbau kepada pedagang agar mematuhi jam operasional pasar," tandas Kepala Disperindag Tabanan I Gusti Ngurah Arya Wardana.des

loading...

Komentar