nusabali

BBPOM di Denpasar Siapkan Pendampingan UMKM

  • www.nusabali.com-bbpom-di-denpasar-siapkan-pendampingan-umkm

DENPASAR, NusaBali
Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sudah mempersiapkan pendampingan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di Bali sekaligus pengawasan penjualan obat dan makanan online yang saat ini tengah marak.

Kesiapan tersebut diungkapkan Balai Besar Pengawasan Obatan dan Makanan (BBPOM) di Denpasar setelah mendapatkan masukan dari berbagai pihak dalam Focus Group Discussion yang digelar secara virtual, Kamis (21/8).


Kepala BBPOM di Denpasar, Ni Gusti Ayu Nengah Suarningsih saat dihubungi, Jumat (21/8) mengungkapkan, pihaknya segera akan menindaklanjuti terkait dengan apa yang menjadi masukan tersebut. Kata Suarningsih, pihaknya akan segera menetapkan standar pelayanan yang berpedoman dengan hasil masukan dari berbagai pihak.

Terutama masukan dari pengaduan konsumen atau masyarakat serta hasil survei kepuasan masyarakat. "Kepuasan dan pendampingan terhadap UMKM itu adalah prioritas utama, sesuai visi dan misi Presiden RI dengan tetap mengutamakan Mutu, Keamanan dan Khasiat dari suatu produk untuk menjamin kesehatan masyarakat, itu memang kami utamakan," jelasnya.

Dikatakannya, melalui edukasi dan difasilitasi oleh oleh petugas BBPOM di Denpasar, UMKM akan terus didampingi dari awal sampai mendapat ijin edar, termasuk mendampingi registrasi online. Sehingga UMKM di Bali akan mendapatkan edukasi dari pendampingan tersebut.

Sementara untuk jual beli obat online, BBPOM sudah bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) pusat dan e-commerce untuk melakukan pengawasan peredaran obat-obatan yang dijual melalui proses secara online. "Kalau obat itu wajib dengan resep dokter, tidak boleh dijual online. Kalau kosmetik dan obat tradisional boleh dijual online tetapi dengan syarat sudah ada izin edar. Dan iklan tidak boleh berlebihan yang menyesatkan masyaraka," tandasnya. *mis

loading...

Komentar