nusabali

Sektor Pariwisata Perlahan Kembali Bergairah

Sejak Akhir Juli 2020 Sudah 53 Ribu Wisdom Berlibur ke Badung

  • www.nusabali.com-sektor-pariwisata-perlahan-kembali-bergairah

“Secara umum memang masih ada keraguan dari wisatawan untuk bepergian. Tapi paling tidak setelah dibuka ada pergerakan wisatawan dari berbagai kota yang berlibur ke Bali”

MANGUPURA, NusaBali
Sektor pariwisata secara perlahan kembali bergairah. Hal ini setelah dibukanya kembali objek wisata pada tatanan kehidupan era baru. Walau begitu, wisatawan yang datang ke Bali khusus Badung masih didominasi wisatawan domestik (wisdom).

Berdasarkan data Dinas Pariwisata (Dispar) Badung, semenjak 31 Juli 2020 hingga 20 Agustus 2020, tingkat kunjungan wisdom sudah mencapai 53.161 orang. Rata-rata wisdom yang datang berasal dari sejumlah kota besar di Pulau Jawa, diantaranya Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadispar Badung Cokorda Raka Darmawan, berharap kehadiran wisatawan nusantara ini diyakini mampu menggairahkan kembali pasar pariwisata yang lesu akibat pandemi Covid-19. “Semenjak pariwisata dibuka kembali tanggal 31 Juli 2020, wisatawan domestik mulai banyak berdatangan ke Bali,” katanya, Jumat (21/8) “Ini artinya kepercayaan wisatawan terhadap cara penanganan pandemic Covid-19 di Bali Khususnya Badung tinggi, sehingga mereka tidak khawatir datang ke sini,” imbuh Cok Darmawan yang notabene Asisten Administrasi Umum Setda Badung itu.

Walaupun sektor pariwisata mulai bergairah, birokrat asal Gianyar itu tetap menegaskan pentingnya pemangku kebijakan melakukan sosialisasi melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Badung, jika Bali khususnya Badung telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Masyarakat juga harus mendukung program ini dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan (prokes) sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah. “Secara umum memang masih ada keraguan dari wisatawan untuk bepergian. Tapi paling tidak setelah dibuka ada pergerakan wisatawan dari berbagai kota yang berlibur ke Bali,” tandasnya.

Disisi lain, guna meningkatkan jumah kunjungan, Cok Darmawan mengungkapkan telah bersurat kepada pelaku industri pariwisata untuk memanfaatkan website yang dimiliki Dispar Badung secara gratis dalam melakukan promosi. “Artinya kita promosi secara virtual untuk memberikan keyakinan kepada wisatawan. Saya sudah bersurat kepada seluruh destinasi, pelaku pariwisata agar memanfaatkan media promosi online yang sudah dimiliki Pemkab Badung,” katanya sembari berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan sektor pariwisata yang menjadi andalan Pemkab Badung bisa kembali normal seperti sediakala.

Mulai banyaknya wisdom yang berlibur ke Bali khusus Badung juga diakui Bendesa Adat Sangeh IB Sunartha. Menurut dia, semenjak pariwisata dibuka kembali setiap harinya ada saja wisdom yang berkunjung ke Objek Wisata Sangeh di Kecamatan Abiansemal. Rata-rata yang berkunjung ke objek wisata yang ‘menyajikan’ hutan pala dan juga kera-kera yang jinak ini berasal dari sejumlah kota besar di Pulau Jawa. “Sekitar dua minggu ini sudah ada 200 wisatawan domestik yang berkunjung. Rata-rata dari Jawa. Ada dari Jakarta, Bandung, Surabaya maupun Yogyakarta,” ungkapnya.

Walau masih didominasi wisdom, bukan berarti wisatawan mancanegara (wisman) tidak ada sama sekali. Menurut Sunartha yang anggota DPRD Badung itu, walau di tengah situasi begini masih ada saja wisman yang berwisata di Sangeh. Hanya jumlahnya sangat sedikit. Sejauh ini, lanjutnya, hanya terdapat 22 orang wisman yang datang berkunjung. *asa

Komentar