nusabali

Sumantara 'Giring' Forki ke Paket ‘Massker’

  • www.nusabali.com-sumantara-giring-forki-ke-paket-massker

AMLAPURA, NusaBali
Mantan Bupati Karangasem, I Gede Sumantara solidkan kekuatan Forki (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia) Karangasem, untuk mendukung paket Massker (I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukerana) pada Pilkada Karangasem, 9 Desember 2020.

Sumantara yang juga penasihat Forki Karangasem ini meyakinkan perguruan Inkai (Institut Karate-Do Indonesia), KKI (Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia), dan Lemkari (Lembaga Karate-Do Indonesia) jika ingin maju kedepannya, haruslah dipimpin oleh penguasa wilayah, yakni I Made Sukerana. Demikian disampaikan Sumantara di hadapan segenap pengurus Forki yang berasal dari Inkai, KKI, dan Lemkari di kediamannya Lingkungan Juuk Manis, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Kamis (20/8).

Lebih lanjut dikatakan Sumantara, kepengurusan Pengkab Forki Karangasem akan berakhir, pada akhir Desember 2020. “Jadi perlu penyegaran pengurus, demi kemajuan Forki dan prestasi karateka, jika wakil bupati memegang pimpinan Forki Karangasem akan lebih mudah terutama untuk mendapatkan dana pembinaan,” ujarnya. “Termasuk juga untuk keberangkatan menghadapi beragam kejuaraan baik di Bali maupun di luar Bali. Sehingga prestasi bisa terpelihara berkesinambungan, terutama saat menghadapi Porprov Bali, salah satu andalannya dari cabang karate,” lanjutnya.

Sumantara juga mengingatkan, setiap keberangkatan atlet hendak bertanding, bukan saja dibantu KONI, juga dibantu Bupati/Wakil Bupati selaku pelindung KONI Karangasem. Sebab, jika atlet yang berlaga meraih prestasi baik medali emas atau trofi, itu artinya hasil binaan dari Bupati/Wakil Bupati Karangasem, sehingga nama daerah terangkat, elektabilitas Bupati/Wakil Bupati Karangasem ikut terangkat di mata nasional. "Saya sendiri dulu saat jadi Bupati Karangasem ya begitu. Setiap kontingen cabang olahraga pamitan mau berangkat, saya bantu. Dengan cara itu atlet termotivasi karena merasa diperhatikan," jelas Sumantara, Bupati Karangasem (2000-2005) ini.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, yang hadir di hadapan karateka Karangasem menyatakan sanggup memimpin Forki Karangasem apalagi sebelumnya sempat jadi Ketua KONI Karangasem. "Bukan saja siap menjadi Ketua Pengkab Forki Karangasem, saya bahkan siap membesarkan Forki dan membiayai. Sebab sebelumnya saya pernah jadi Ketua KONI Karangasem tahu kebutuhan atlet," tegasnya.

Sedangkan I Gusti Made Tusan suami dari Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, juga mengapresiasi dari aspirasi disampaikan Sumantara. "Saya pribadi siap membantu untuk Forki, setelah menyimak arah dukungannya di Pilkada Karangasem mendatang," jelas I Gusti Made Tusan. *k16

Komentar