nusabali

GenBI Udayana, Bersihkan Kawasan Gunung Batur di Tengah Ramainya Pendaki

  • www.nusabali.com-genbi-udayana-bersihkan-kawasan-gunung-batur-di-tengah-ramainya-pendaki

BANGLI, NusaBali.com
Salah satu bentuk rekreasi yang masih populer di tengah situasi pandemi, yakni dengan mendaki gunung. Apalagi, bagi beberapa pendaki, kesempatan untuk mendaki di bulan Agustus juga digunakan untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan kemerdekaan. Namun di satu sisi, hal ini menimbulkan problem baru, yakni sampah.

Berkeinginan untuk memperingati HUT Republik Indonesia dengan cara yang berbeda dengan memperhatikan lingkungan hidup, GenBI (Generasi Baru Indonesia) Komisariat Udayana Bali melakukan pembersihan di kawasan pendakian di Gunung Batur sehari sebelum peringatan Kemerdekaan, Minggu (16/8). 

“Seperti yang kita ketahui, Gunung Batur itu salah satu favoritnya orang mendaki. Karena juga terjalnya Guung Batur itu lebih aman daripada gunung-gunung yang lain. Mungkin next kita bakal ke gunung yang lain. Cuma karena memang sebentar lagi juga orang-orang bakal ke sana,” ujar Ketua GenBI Komisariat Universitas Udayana, AA Anggy Tryeza PN [ada NusaBali, Minggu (16/8).


Kegiatan ini diawali dengan acara berkemah yang dilakukan sejak Sabtu (15/8). Barulah, pada Minggu pagi hingga menjelang siang, bersih-bersih di sekitar kawasan Gunung Batur dilakukan. Kegiatan ini selesai pukul 8.30 Wita dan tim GenBI pun sampai di kaki Gunung Batur pada pukul 12.00 Wita. Selama melakukan kegiatan pembersihan tersebut, lanjut Anggi, anggota GenBI menemui banyaknya masyarakat yang hendak mendaki untuk merayakan peringatan kemerdekaan. 

Hal ini sempat menimbulkan rasa was-was karena adanya kerumumunan tersebut, padahal mereka tetap berusaha untuk mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan misinya untuk membersihkan kawasan pendakian tersebut. “Kita jadi tidak menikmati suasana alamnya karena banyak banget orang-orang di sana dan kita kan tetap memakai protokol kesehatan. Selama mengambil sampah kita tetap pakai sarung tangan,” lanjut Anggy Tryeza.


Hasilnya, sebanyak lebih dari 10 karung sampah berhasil terkumpul. “Ternyata banyak banget sampahnya. Saya kira 10 kampil yang kita bawa itu tidak bakal penuh. Bahkan kita sampai menggunakan polybag. Kita (awalnya) tidak menggunakan plastik, tapi kita jaga-jaga juga ketika karung kita habis, kita memakai polybag,” lanjut mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Udayana ini.

Kegiatan pembersihan kawasan Gunung Batur ini merupakan salah satu program dari GenBI Komisariat Universitas Udayana yang merupakan kelompok mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia yang saat ini menempuh kuliah di Universitas Udayana. Dalam kegiatan ini, diikutkan sebanyak 17 anggota dari total 75 anggota GenBI Universitas Udayana.*cr74

Komentar