nusabali

Gianyar Tambah 10 Kasus Covid-19

  • www.nusabali.com-gianyar-tambah-10-kasus-covid-19

GIANYAR, NusaBali
Kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Gianyar, terus bertambah.

Tercatat, Selasa (18/8), terdapat 10 kasus positif Covid-19 baru dari klaster perkantoran dan tenaga kesehatan (nakes).

Terkait tambahan 10 kasus baru itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Gianyar dr Ida Ayu Cahyani Widyawati, membenarkan. "Ya, betul ada tambahan 10 kasus baru dari klaster perkantoran dan tenaga kesehatan," jelasnya, saat dihubungi, Selasa (18/8) malam.  

Namun, dr Cahyani enggan menyebutkan data klaster pasien secara rinci. "Kantornya saya tak tahu. Yang jelas di kantornya ada positif. Ada yang pegawai swasta, asal Gianyar sehingga mereka itu kami rawat," terangnya.

Dia menyebutkan, 10 pasien baru ini dua orang  dari Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, dan masing-masing seorang dari Kelurahan Samplangan, Abianbase, dan Bitera,  Lingkungan Candibaru, Kelurahan Gianyar. Selain itu, dari Kecamatan Sukawati yakni Desa Batubulan, Singapadu, Batuan, dan Guwang.

Dijelaskan, pada klaster perkantoran ini belum diketahui secara pasti dari mana pegawai tersebut terpapar virus Covid-19. "Mereka kerja di tempat lain, dan mereka tertular," ujarnya.

Selain klaster perkantoran, jelas dr Cahyani, ada tiga pasien dari masyarakat umum yang terungkap terpapar virus setelah berobat ke rumah sakit. "Ada tiga pasien yang sakit, setelah dirapid test, hasilnya reaktif. Kemudian positif setelah dites swab. Mereka juga tidak tahu dapat virus dari mana," jelasnya. Tiga pasien bergejala ini, kata dia, ada yang dirawat di RSUD Sanjiwani maupun di RS swasta. "Ada  yang di  RSUD Sanjiwani dan Family Husada Gianyar, " ujarnya.

Jelas dr Cahyani, sesuai protap terbaru penanganan Covid-19, hanya pasien bergejala saja yang dirawat di rumah sakit. Sementara yang memiliki gejala ringan, cukup menjalani karantina dengan pengawasan ketat. "Terpenting yang bergejala ringan ini tidak menyebarkan kembali ke orang lain. Kita juga lakukan tracing kontak erat," imbuhnya. Termasuk jika ada klaster perkantoran di wilayah Gianyar, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 akan melakukan tracing. "Kalau kantornya di Gianyar, kami datangi. Jadi, kami lihat sumber wabahnya. Biasanya, kami datangi ke tempat kerja. Tapi yang hari ini (10 positif terbaru,Red) kebetulan (klaster kantor, Red) di luar Gianyar," ujarnya. Data teranyar, per 18 Agustus 2020,  

kasus positif Covid-19 di Kabupaten Gianyar 404 orang, sembuh 340 orang, dirawat 58, dan meninggal 6 orang. *nvi

loading...

Komentar