nusabali

Wabup Sanjaya Pimpin Apel HUT Ke-75 RI di Tabanan

  • www.nusabali.com-wabup-sanjaya-pimpin-apel-hut-ke-75-ri-di-tabanan

TABANAN, NusaBali
Upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 di Kabupaten Tabanan diselenggarakan secara sederhana di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Senin (17/8).

Upacara yang dipimpin Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya tanpa melibatkan paskibraka, dan peserta upacara mengenakan pakaian adat sembahyang.


Upacara bendera hanya diikuti 40 orang peserta, di antaranya Forkopimda Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, para Asisten, dan perwakilan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, para aubade, serta tiga orang pengerek bendera Merah Putih, yakni I Komang Bayu Septiandy (siswa SMA 1 Selemadeg), I Made Wira Yoga Saputra (siswa SMA 1 Kediri), dan Ni Kadek Frischa Devi Marchaeni (siswa SMAN 1 Tabanan).

Upacara yang dikemas tanpa melibatkan orang banyak dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tabanan. Begitupun dengan lomba-lomba yang biasanya dilakukan dalam menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan, ditiadakan karena refocusing anggaran yang dilakukan Pemkab Tabanan untuk penanganan pandemi Corona.

Usai apel, Wabup Sanjaya mengatakan, meskipun upacara peringatan kali ini dilaksanakan secara sederhana di tengah pandemi Covid-19, semangat tetap luar biasa dan tidak mengurangi makna dari peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 ini.

“Walaupun terbatas, kami tetap melaksanakan protokol kesehatan, yakni atur jarak, pakai masker, hand sanitizer, dan cuci tangan sebelum pelaksanaan apel dimulai. Itu yang terpenting,” tambah Wabup Sanjaya.

Wabup Sanjaya juga berharap pada momentum peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 ini, sebagai ajang untuk memperdalam dan lebih mengamalkan spirit perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

“Harapan kami khususnya pada generasi muda, apalagi ada imbauan dari Bapak Presiden, bahwa saat inilah kita harus betul-betul memiliki jiwa dan semangat perjuangan layaknya pendahulu kita, serta menerapkan spirit perjuangan tersebut dalam membangun Negara dan Bangsa yang kita cintai ini, khususnya di Tabanan,” ujarnya. *des

Komentar