nusabali

Berbusana Adat Bali, Bupati Artha Pimpin Apel

HUT Ke-62 Pemprov Bali di Jembrana

  • www.nusabali.com-berbusana-adat-bali-bupati-artha-pimpin-apel

NEGARA, NusaBali
Apel peringatan HUT ke-62 Provinsi Bali di Kabupaten Jembrana digelar di Taman Pecangakan Negara, seberang Kantor Bupati Jembrana, Jumat (14/8).

Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Jembrana I Putu Artha dengan pemimpin upacara I Komang Dhiyatmika yang juga Sekretaris Satpol PP Jembrana.  Apel peringatan HUT Provinsi Bali dihadiri Sekda Jembrana I Made Sudiada,  para asisten serta para Kepala OPD Pemkab Jembrana. Para peserta apel mengenakan busana adat Bali. Tidak Pelaksanaan apel tetap mengedepankan protokol tatanan kehidupan era baru. Seperti menggunakan masker dan menerapkan physical distancing.


Dalam kesempatan apel tersebut, Bupati Artha membacakan sambutan Gubernur Bali, Wayan Koster. Salah satunya, menyangkut visi pembangunan Provinsi Bali 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali' melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya. Begitu juga disampaikan pesan dalam masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, untuk bersama-sama saling mengingatkan, saling menjaga dan saling melindungi dengan cara berdisiplin dan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan protokol tatanan kehidupan era baru.

Usai apel, Bupati Artha mengatakan, apel peringatan HUT Provinsi Bali ini, adalah peringatan yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus. Pada moment apel peringatan HUT ke-62 Provinsi Bali dengan suasana pandemi Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan memulihkan perekonomian, namun tetap selaras dengan menerapkan protokol kesehatan. “Jadi kita sudah memulai peradaban baru dalam situasi Covid-19. Perekonomian harus kita kembalikan supaya kembali normal. Maka dari itu kita harus berbenah. Mari kita bersama-sama melaksanakan perekonomian, membuka pariwisata dengan tetap saling menjaga kesehatan bersama di tengah situasi pandemi saat ini,” ucapnya.

Bupati Artha menegaskan, protokol tatanan kehidupan era baru yang dikeluarkan Gubernur, bertujuan agar masyarakat tetap produktif dan aman dari penularan Covid-19. Cara menjalankannya cukup sederhana. Seperti gunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.  “Itu juga kami sudah sampaikan kepada masyarakat Kabupaten Jembrana, supaya tetap melaksanakan apa yang menjadi imbauan beliau. Astungkara di Jembrana sudah dilaksanakan dengan baik. Kedisiplinan masyarakat ini, supaya terlaksana dengan baik. Bagaimana masyarakat tetap produktif, dan satu sisi tetap aman dari penularan Covid-19,” ujarnya.

Bupati Artha juga berpesan kepada masyarakat di Kabupaten Jembrana, untuk serentak memasang bendera merah putih bertalian dengan moment peringatan HUT Kemerdekaan RI yang juga berdekatan dengan HUT Provinsi serta HUT Kota Negara. “Bagi yang belum memasang bendera di depan rumah atau pertokoan, supaya segera untuk memasang. Ini guna memperingati Hari Kemerdekaan RI,” pungkasnya. *ode

Komentar