nusabali

Praktisi Sebut Yoga Bisa Cegah Covid-19

  • www.nusabali.com-praktisi-sebut-yoga-bisa-cegah-covid-19

AMLAPURA, NusaBali
Smile Yoga Amlapura menggelar kegiatan yoga di Taman Budaya Candra Buana, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Jumat (14/8).

Praktisi yoga ini mengembangkan gerakan khusus meningkatkan sel limfosit T untuk imunitas tubuh agar mampu mencegah penularan Covid-19. Gerakannya dengan posisi tubuh melengkung ke belakang, perut di atas.

Instruktur Smile Yoga Amlapura, I Wayan Arsiawan Adi, mengatakan sel limfosit T berperan dalam meningkatkan imunitas seluler terhadap serangan virus dan bakteri.  Mencegah penularan virus corona juga bisa dilakukan dengan gerakan tekuk leher untuk meningkatkan produksi hormon tiroid sehingga mampu menyeimbangkan emosi, pikiran lebih stabil, dan tenang. Gerakan ini juga berperan mengatur metabolisme tubuh.

Arsiawan Adi mengaku tidak panik jika mengalami gejala demam, batuk, dan pilek. Sebab sehari-hari telah berlatih ketenangan mental dan punya cara mengatasi Covid-19 dengan meningkatkan imunitas tubuh melalui gerakan-gerakan khusus yoga. Ada juga gerakan-gerakan pemijatan pada dada dengan posisi tubuh melengkung ke belakang yang disebut Cakra Asana. Gerakan memijat kelenjar tulang timus juga untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Gerakan lainnya dalam yoga yang berkaitan dengan menangkal Covid-19 dalam posisi berdiri cium lutut yang berfungsi meningkatkan produksi hormon. “Selain mengajak masyarakat berlatih yoga dengan gerakan khusus menangkal Covid-19 juga memberikan pelatihan melalui online. Sehingga semakin banyak yang mengerti yoga dan tahu manfaatnya,” kata Wayan Arsiawan Adi yang juga Ketua PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Karangasem.

Bersama Instruktur Yoga, Ni Wayan Supartini, gencar sosialisasikan yoga untuk mencegah penularan Covid-19. Jika tertular Covid-19, yang paling utama diperlukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh. "Sebaiknya sejak dini meningkatkan daya tahan tubuh, otomatis Covid-19 tidak bisa masuk," ujarnya. Wayan Supartini mengatakan, yoga secara umum bernama Yoga Asanas yang prakteknya mengolah tubuh, tujuannya mendapatkan kebugaran fisik, peredaran darah jadi lancar dan bugar. Juga bermanfaat mencegah stres, asma, membakar lemak, nyeri sendi, melatih otot, menurunkan berat badan, memperlancar aliran darah, mempertajam ingatan, percaya diri, dan lain-lain. *k16

Komentar