nusabali

Imunisasi di Tengah Pandemi Covid-19

Dibagi Beberapa Sesi, Terapkan Protokol Kesehatan

  • www.nusabali.com-imunisasi-di-tengah-pandemi-covid-19

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 51 siswa SDN 8 Sumerta, Denpasar Timur mengikuti imunisasi dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di tengah pandemi Covid-19, Jumat (14/8).

Kepala Sekolah SDN 8 Sumerta, Ni Luh Gede Sunari menjelaskan pemberian imunisasi ini dilakukan bersama petugas dari Puskesmas 1 Denpasar Timur. "Imunisasi ini dilakukan secara rutin. Satu tahun dilakukan sebanyak 2 kali. Imunisasi ini dilakukan pertama kali. Nanti untuk berikutnya jenis imunisasinya berbeda," ujarnya.

Jenis imunisasi yang disuntikkan adalah imunisasi MR untuk mencegah campak dan Rubella (campak jerman) yang diberikan kepada murid kelas 1 lelaki dan perempuan yang diikuti sebanyak 27 siswa. Sedangkan imunisasi HPV untuk mencegah kanker mulut rahim yang diberikan kepada murid kelas 6 SD perempuan yang diikuti oleh 24 siswa.

Berbeda di tahun sebelumnya, pelaksanaan imunisasi di tengah pandemi Covid-19 dibagi menjadi beberapa sesi.

Setiap sesi diikuti sebanyak 10-11 siswa guna mencegah kerumunan. Jika ada siswa yang tidak hadir, nantinya pihak sekolah akan merujuk ke Puskesmas 1 Denpasar Timur untuk mengikuti imunisasi. "Kalau dulu sebelum pandemi, biasanya kami langsung masukkan anak-anak ke dalam ruangan. Untuk sekarang kita atur waktu kedatangan mereka menurut absen. Kita mulai dari pukul 08.30 Wita sampai selesai semua anak-anak diimunisasi," tambahnya.

Imunisasi diberikan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Seperti cek suhu badan dengan thermogun, mencuci tangan setiap siswa dan orangtua, pengaturan jarak anak-anak sebelum dan sesudah disuntikkan, semua petugas menggunakan APD level 2, dan petugas negatif SARS-CoV2.  *mis

Komentar