nusabali

Terminal Mengwi Bakal 'Disulap' Lebih Modern

  • www.nusabali.com-terminal-mengwi-bakal-disulap-lebih-modern

Konsep pembangunan terminal bertipe A ini akan menyerupai Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban.

MANGUPURA, NusaBali
Terminal Mengwi di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, kini tengah direnovasi. Terminal bertipe A satu-satunya di Bali itu bakal ‘disulap’ lebih modern dari yang ada sekarang. Beberapa bagian yang direnovasi antara lain loby, terminal keberangkatan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), penataan parkir dan pembuatan pintu keluar pada terminal. Sesuai perencanaan, renovasi Terminal Mengwi dilakukan bertahap hingga tahun 2021, dengan total anggaran keseluruhan mencapai Rp 35 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI.

Berdasarkan pantauan, Jumat (14/8) kemarin, para pekerja proyek tengah membongkar tembok bekas loket di Terminal Keberangkatan AKAP. Selain itu, membongkar gedung bekas loket, para pekerja juga tengah sibuk melakukan perataan di sebelah timur terminal untuk dijadikan pintu keluar.

Kepala Terminal Mengwi, I Putu Bagus Mudita saat dikonfirmasi, kemarin, mengakui jika pengerjaan renovasi Terminal Mengwi sudah dilakukan sejak Minggu lalu. “Iya sudah mulai pembongkaran. Dari perbaikan Terminal Keberangkatan AKAP, pembuatan pintu keluar maupun penataan yang lainnya,” ujarnya.

Mudita mengatakan, desain bangunan akan dibangun lebih modern dari sekarang. Untuk menambah kesan kekinian, pembatas antar satu ruangan dengan ruangan lainnya akan menggunakan kaca, sehingga konsep pembangunannya menyerupai Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. “Desain sudah ada, makanya semuanya akan dibongkar. Intinya konsepnya modern tidak seperti sekarang,” kata Mudita.

Lebih lanjut dikatakan, untuk di pintu keluar juga akan di bangun gapura. Pembuatan gapura di pintu keluar bakal seperti pintu masuk. Lebarnya pun hampir sama.

Sementara itu, walaupun di dalam Terminal Mengwi sedang ada proyek renovasi, namun Mudita memastikan tidak mengganggu aktivitas di terminal. Bahkan menurutnya, terminal tetap beroperasi seperti biasanya. “Jadi sebelum Terminal Keberangkatan AKAP dibongkar, kita pindahkan di belakang dulu, sehingga semua tetap masih beroperasi seperti biasa,” tandasnya.

Terkait dengan renovasi Terminal Mengwi, belum lama ini Direktur Prasarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Mohamad Rizal Wasal sempat melakukan melakukan peninjauan secara langsung. Peninjauan untuk melihat kesiapan sebelum dilakukan renovasi. *asa

Komentar