nusabali

Saka Adhyasta Pemilu Bawaslu Bali Dikukuhkan

  • www.nusabali.com-saka-adhyasta-pemilu-bawaslu-bali-dikukuhkan

DENPASAR,NusaBali
Bertepatan dengan Hari Pramuka ke-59, Gerakan Pramuka Saka Adhyasta Pemilu di lingkungan Bawaslu Provinsi Bali resmi dikukuhkan.

Pengukuhan sekaligus pelantikan susunan keanggotaan Majelis Pembimbing dan Keanggotaan Pimpinan Saka dilakukan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin, di Gedung Kwarda Bali, Niti Mandala Denpasar, Jumat (14/8).

Pengukuhan dan Pelantikan Saka Adhyasta langsung dihadiri oleh Kabag Sosialisasi Bawaslu RI, Faizal Rahman, serta jajaran pengurus Kwarda Bali.

Rangkaian pengukuhan dan pelantikan Saka Adhyasta diawali dengan pembacaan Surat Keputusan pembentukan dan susunan keanggotaan Majelis Pemimbing dan susunan keanggotaan Pimpinan Saka masing masing dengan masa bhakti 2020-2024.

Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka, langsung dikendalikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani, dibantu oleh anggota Bawaslu Bali, I Wayan Widyardana Putra (Divisi Pengawasan) dan I Wayan Wirka (Penindakan Pelanggaran Pemilu).

Sedangkan untuk Pimpinan Saka, dikendalikan Made Rentin selaku Ketua Kwarda Bali dan I Ketut Rudia yang juga Anggota Bawaslu Bali Divisi Hukum, Data dan Hubungan Antar Lembaga. Rentin yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali,   pada kesempatan tersebut menyerahkan Pataka Bendera Saka Adhyasta Pemilu, yang diterima oleh Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariyani.

Rentin mengatakan apresiasi kepada Bawaslu RI, khususnya Bawaslu Bali yang sudah bentuk Saka Gerakan Pramuka di lingkungan Bawaslu. Rentin berharap, Saka Adhyasta Pemilu mampu memberikan kontribusi bagi kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat. "Kami juga akan terus bersinergi untuk bisa menjadi bagian dan berkontribusi untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember  2020 yang akan datang," ujar mantan Kabag Umum DPRD Bali ini.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani, mengatakan pengukuhan dan pelantikan Saka Adhyasta harusnya sudah dilakukan pada bulan Februari 2020. Namun karena ada wabah Covid 19, pelantikan tersebut diundur.

"Waktu itu kita sudah melakukan berbagai persiapan. Tapi karena ada wabah Covid-19, rencana tersebut batal. Hari ini (kemarin) kami dilantik tentu ini harus dijawab sebagai tantangan," papar Ariyani. Ariyani berharap, dengan telah dikukuhkanya Saka Adhyasta Pemilu, akan ada banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dilaksanakan terutama yang berkaitan dengan peran gerakan Pramuka dalam mensukseskan Pilkada 2020.

Sebelum pelantikan Saka Adhyasta, di tempat yang sama, Bawaslu Bali juga mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif. Sebagai peserta berasal dari anggota Gerakan Pramuka di lingkumgan Kwarda Bali. *nat

Komentar