nusabali

Taro Wakil Gianyar Lomba Desa Produktif Bebas Covid-19

  • www.nusabali.com-taro-wakil-gianyar-lomba-desa-produktif-bebas-covid-19

GIANYAR, NusaBali
Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, menjadi wakil Kabupaten Gianyar dalam Lomba Desa Produktif Bebas Covid-19 Tahun 2020. Lomba digelar Komando Resor Militer (Korem) 163/Wira Satya.

Desa Taro jadi wakil Gianyar karena di desa ini masih nihil penularan wabah Covid-19. Pencegahan wabah melalui senergi antara desa dinas, desa adat dan 14 b\anjar dinas di desa ini. Perbekel Desa Taro I Wayan Warka mengatakan selalu bergandengan tangan, kompak dan disiplin menjadi kunci sukses penanganan wabah Covid diwilayahnya. "Penanganan wabah tidak lepas dari peran serta masyarakat," ungkapnya dalam penilaian, Kamis (13/8).

Kata dia, seluruh komponen termasuk tim dari Kecamatan Tegallalang, seluruh kelian dinas dan prajuru adat dilibatkan dalam acara penilaian lomba. Dalam bidang kesehatan, di setiap pintu masuk pekarangan rumah warga dipasang tempat cuci tangan. Upaya ini untuk membiasakan warga berpola hidup bersih. Seluruh warga dan tamu yang akan berkunjung ke rumah warga wajib mencuci tangan sebelum masuk pekarangan. Dari sisi sosial dan budaya, di Desa Taro, walaupun ditengah pandemi, masih tetap berjalan. Kegiatan gotong royong tetap berjalan. Hanya saja jumlah warga bergotong-royong dibatasi sesuai protokol kesehatan.

Sedangkan dari sisi ekonomi, lanjut Warka, masyarakat Desa Taro banyak mengandalkan dari sektor pariwisata. Guna menyiasati kondisi ekonomi keluarga karena pariwisata belum normal, pemenuhan pangan dilakukan dengan pemanfaatan lahan tidur untuk berkebun sayur.

Asisten Bidang Administrasi dan Kesra Kabupaten Gianyar I Wayan Suardana mengakui, pecegahan penularan wabah ini tak lepas dari keterlibatan seluruh komponen masyarakat di desa. Dalam penanganan Covid-19, Pemkab Gianyar telah memberikan sembako kepada warga terdampak.

Ketua Tim Penilai Desa Produktif Bebas Covid-19 Mayor Inf IGM Sweda mengapresiasi langkah pemerintahan Desa Taro hingga tidak satu pun warga tertular Covid-19. Terkait peran penting TNI juga, Covid-19 menjadi ancaman serius bangsa hingga diperlukan sinergi antara komponen. "TNI yang kini terlibat dalam penanganan Covid - 19 khususnya mengawasi pendisiplinan masyarakat, selaian pertahanan wilayah," ujarnya. *nvi

loading...

Komentar