nusabali

25 Kelian Banjar Adat Merapat ke ‘Massker’

  • www.nusabali.com-25-kelian-banjar-adat-merapat-ke-massker

Saat Pilkada Karangasem 2015, di Desa Adat Karangasem yang mewilayahi 35 banjar adat, paket MasDipa menang 77,5 persen.

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 25 kelian banjar adat dari 35 banjar adat se-Desa Adat Karangasem, Kecamatan Karangasem merapat untuk memenangkan paket ‘Massker’ (I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukerana). Dikoordinasikan Kelian Banjar Adat Belong I Komang Jawi, para kelian ini bertekad mempertahankan kemenangan di wilayah Desa Adat Karangasem.

Kedatangan 25 kelian banjar adat se-Desa Adat Karangasem, juga turut dihadiri mantan Bupati Karangasem I Gede Sumantara yang diterima penasihat GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu) yang juga suami IGA Mas Sumatri, I Gusti Made Tusan di kediamannya, Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (13/8).

I Komang Jawi mengakui untuk mempertahankan kemenangan lebih sulit daripada merebutnya. Tetapi ada banyak faktor yang membuatnya optimis kembali memenangkan I Gusti Ayu Mas Sumatri yang kini berpaket dengan I Made Sukerana. Pertama, karena I Gusti Ayu Mas Sumatri, adalah incumbent, lagi pula sebagai warga masyarakat yang tinggal di Kecamatan Karangasem. “Di samping itu, sering terjun ke lapangan menemui warga banjar adat di setiap acara-acara, sehingga dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Bukan itu saja, kata dia, suaminya I Gusti Made Tusan, juga sangat dekat dengan masyarakat, karena dikenal dermawan serta turut aktif membantu, membangun akses jalan, membangun pura, dan bantuan sosial lainnya.

Ungkap Komang Jawi, saat Pilkada Karangasem 2015, di Desa Adat Karangasem yang mewilayahi 35 banjar adat, paket MasDipa ( I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Wayan Artha Dipa) menang dengan 77,5 persen.  "Saya berharap perolehan kemenangan di Pilkada mendatang, mengalami kenaikan. Bukan sekadar menang tetapi raihan suaranya meningkat, minimal 80 persen, maksimal 85 persen," harap I Komang Jawi.

Rata-rata segenap kelian banjar adat, kemarin, menjanjikan kemenangan, hanya saja perlu waktu melakukan konsolidasi di internal banjar adat. Kelian Banjar Adat Sindu Saraswati Amlapura Ida Bagus Mahadewa misalnya, mengatakan, untuk mengoptimalkan kemenangan menyongsong Pilkada Karangasem, agar seluruh kelian banjar adat dihimpun dalam satu wadah, kemudian dibentuk kepengurusan.

Di samping itu untuk mengoptimalkan komunikasi, dibuatkan WA grup, dari WA grup itulah, masukan, saran dan motivasi disampaikan. "Sebaiknya seluruh kelian banjar adat diikat dalam satu wadah, dibuat forum dan ada pengurusnya, komunikasi bisa lewat WA grup," pinta Ida Bagus Mahadewa mantan anggota DPRD Karangasem dari Demokrat.

I Gusti Made Tusan mengapresiasi kedatangan 25 kelian banjar adat yang memberikan dukungan, untuk mempertahankan kemenangan I Gusti Ayu Mas Sumatri di Kecamatan Karangasem. "Saya terharu atas dukungan 25 kelian banjar adat se-Desa Adat Karangasem," kata I Gusti Made Tusan.

Tampak juga hadir dalam pertemuan itu, Ketua DPC Gerindra Karangasem yang juga Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Suyasa bersama sang istri Weisya Kusmia Dewi yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Karangasem. *k16

loading...

Komentar