nusabali

3 Desa dan Kelurahan Beng Jadi Desa Wisata

  • www.nusabali.com-3-desa-dan-kelurahan-beng-jadi-desa-wisata

GIANYAR, NusaBali
Tiga desa dan Kelurahan Beng, Gianyar, ditetapkan menjadi desa wisata oleh Dinas Pariwisata Gianyar.

Tiga desa ini, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, dan Desa Sayan, Kecamatan Ubud.

Penyerahan sertifikat penetapan desa wisata itu dilakukan di Taman Prakerti Bhuana, Kelurahan Beng, Selasa (11/8).

Kepala Dinas Pariwisata Gianyar Anak Agung Putrawan, Rabu (12/8),  menjelaskan dengan penambahan empat desa wisata ini, maka di Gianyar kini terdapat 19 desa wisata.

Kata desa, sebuah desa bisa menjadi desa wisata dengan syarat, punya bio hayati alam, budaya, infrastruktur, sumber daya alam, SDM berupa pokdarwis, jalan, jaringan wifi, dan dukungan masyarakat. Lanjut, desa mengajukan permohonan, lanjut diverifikasi oleh Dinas Pariwisata untuk menyiapkan indikator, lanjut evaluasi, dan pembinaan. "Jika memenuhi syarat, maka ditetapkan melalui SK bupati," jelasnya. Desa wisata dapat pembinaan dari Dinas Pariwisata. "Dinas akan membina dan memberi  pelatihan pengelolaan desa wisata," jelasnya.

Kepala Desa Bedulu Putu Ariawan mengatakan desanya sangat potensial menjadi desa wisata. Di desa ini terdapat  sejumlah objek, antara lain Goa Gajah, Relief Yeh Pulu, dan Pura Pura Samuan tiga. Desa Bedulu dengan 11 banjar dan 7 subak dialiri 3 sungai besar. ‘’Desa Bedulu punya banyak peninggalan sejarah berupa situs arkealogis," jelasnya. Desa Bedulu juga memiliki sumber air yang melimpah untuk dijadikan wisata air. Desa ini memiliki tarian khas Cak Klasik, yang dilahirkan oleh tokoh Bedulu,  I Wayan Lembak sekitar tahun 1930an. "Kami juga akan merekontruksi tari legong klasik Kupu-Kupu Tarum," terang Ariawan. *nvi

loading...

Komentar