nusabali

Bupati Suwirta Jadi Narasumber Revitalisasi Bumi Kemenparekraf

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-jadi-narasumber-revitalisasi-bumi-kemenparekraf

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri undangan bincang-bincang dan launching kegiatan revitalisasi bumi di Lobby Lounge Conrad Bali Hotel, Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Rabu (12/8).

Bupati Suwirta yang didampingi Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, didaulat sebagai narasumber.
Bupati Suwirta menegaskan komitmennya dalam menjaga pelestarian lingkungan. Kata dia, Klungkung sebagai salah satu destinasi wisata di Bali, juga memproduksi sampah cukup tinggi. “Untuk itu, Klungkung punya strategi pengelolaan sampah sendiri dengan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) sebagai bentuk dukungan dari regulasi Gubernur Bali tentang pengolahan sampah,” ujarnya.

Jelas Bupati, salah satu produk unggulan TOSS yakni bahan bakar briket yang dibuat dari fermentasi cacahan sampah organik dan anorganik. Pemkab Klungkung bekerja sama dengan Indonesian Power dan STT PLN untuk memanfaatkan briket sebagai sumber energi bio massa. ‘’Karena prouksi sampah organik paling dominan tiap hari. Program ini sudah masuk inovasi TOP 40 Nasional dan dikembangkan menjadi tempat pembelajaran pengolahan sampah yang disebut TOSS Center," kata Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengingatkan, ke depan masyarakat tidak cukup diberi regulasi, namun juga harus dipaksa untuk memilah sampah organik dan non organik. Kunci utama dalam penuntasan masalah lingkungan, adalah eksekusi di lapangan dan turun langsung mengajarkan masyarakat untuk memilah sampah.

Acara yang berlangsung dengan live streming diisi pembicara Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Drs l Gede Ardika, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Rl (2001-2004)  Swietenia Puspa Lestari, Founder dan Executive Director of Divers Clean Action Jolene Marie Cholock-Rotinsulu, Puteri Indonesia Lingkungan 2019 dan Cipto Aji Gunawan Tim Ahli Gubernur Bidang Pariwisata. *wan

Komentar