nusabali

Laga Virtual Pendekar Lawas Diminati Peserta Mancanegara

  • www.nusabali.com-laga-virtual-pendekar-lawas-diminati-peserta-mancanegara

DENPASAR, NusaBali
Kejuaraan Virtual Seni Pencak Silat Pendekar Lawas Bakti Negara 2020 diminati warga negara asing.

Sejumlah pendekar dari negara lain siap ambil bagian pada kejuaraan yang mempertandingkan tujuh kategori usia itu. Diantaranya, dari Australia, Prancis, Swedia Selatan, Belanda dan Italia.

"Pencak Silat Tradisi memang sangat digemari warga negara asing. Mereka yang dari luar negeri itu memang anak buah kami sendiri yang menekuni Seni Pencak Silat Tradisi," ucap Ketua Panitia Kejuaraan, I Bagus Jagra Winata, Rabu (12/8).

Sejumlah nama yang sudah konfirmasi, yakni Christopher Willans Kota Adelide asal Australia, Hicham Sipkin dari Prancis. Mereka sudah langsung mengirimkan video dari negara asalnya. Hal itu cukup memudahkan peserta mengikuti kejuaraan virtual.

"Peserta kami bebaskan dari mana saja. Selain dari negara luar Indonesia, peserta domestik juga akan ramai. Yang konfirmasi, diantaranya dari Lampung, Sumbawa dan NTT," kata Bagus Jagra Winata.

Ketua Bakti Negara DPC Kota Denpasar itu mengatakan, sampai kini pesertanya mencapai 75 orang. Dia sangat yakin akan ada penambahan hingga pendaftaran berakhir 25 Agustus. Sedangkan pengumuman pemenang tetap disampaikan pada 29 Agustus.

Menurutnya, kejuaraan virtual ini mempertandingkan tujuh Kelompok Umur (KU) itu yakni antara Umur 35-40 tahun, umur 40-45 tahun, KU 45-50, KU 50-55, KU 55-60, KU 60-65, dan KU 65 tahun keatas. Dengan mempertandingkan kategori Seni Tangan Kosong, Seni Senjata, dan Tarung Bayangan Perorangan.

"Target kami, melebihi 100 peserta. Karena iki pencak tradisional peminatnya khusus, dan terbatas jumlahnya,"  kata pria yang juga Kapuslat Bakti Negara Bali.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Koko itu, pemenang akan diumumkan pada 29 Agustus, sekaligus diserahkan medali dan piala kepada pemenang, di Puslat Bakti Negara Bali, Banjar Batumekaem Ubung Kaja, Denpasar Utara.

Dia juga menyebutkan, setiap peserta diwajibkan menggunakan gerakan baku Bakti Negara, dengan kostum Pencak Silat Bakti Negara. Sedangkan per KU diambil rangking 1-6. Pembuatan video dengan alat perekam apapun dari depan dan seluruh tubuh peserta (kepala hingga kaki) dan durasi maksimal 3 menit. Lalu musik ditentukan panitia, dengan durasi 2 menit. Peserta boleh menambahkan  salam atau ajakan tetap sehat dan berolahraga di masa new normal. *dek

loading...

Komentar