nusabali

Puskesmas Diperbaiki, Pelayanan Manfaatkan Bedeng

  • www.nusabali.com-puskesmas-diperbaiki-pelayanan-manfaatkan-bedeng

BANGLI, NusaBali
Tiga puskesmas di Kabupaten Bangli mulai tahap pembangunan. Imbasnya, puskesmas kekurangan ruangan untuk pelayanan.

Buat sementara waktu, puskesmas dibuatkan bedeng untuk ruang pelayanan masyarakat. Pelayanan bedeng ini terjadi di Puskesmas Bangli Utara, Desa Pengotan, Kecamatan Bangli. Puskesmas lainnya memanfaatkan ruang pertemuan dan perumahan dokter.

Kadis Kesehatan Bangli, dr Nengah Nadi, mengatakan untuk tahun 2020 ada tiga puskemas yang diperbaharui. Ketiga puskesmas itu yani Puskesmas Tembuku II di Desa Yangapi, Puskesmas Kintamani IV di Desa Bayung Gede, Kecamatan Kintamani, dan Puskesmas Bangli Utara di Desa Pengotan. Ketiga bangunan puskesmas ini dibangun berlantai. “Pembangunan gedung di tiga puskesmas menghabiskan anggaran Rp 9,5 miliar dari dana DAK,” jelas dr Nengah Nadi, Selasa (11/8).

dr Nengah Nadi mengungkapkan, proses pembangunan sudah mulai berjalan. Agar tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat, Diskes Bangli telah mengambil langkah antisipasi. Salah satunya, pelayanan di Puskesmas Bangli Utara memanfaatkan ruang pertemuan. Ruang pertemuan disekat-sekat untuk ruang periksa pasien. Loket pendaftaran dibuat secara darurat. “Dibuatkan seperti bedeng dan jadikan loket pendaftaran,” ungkapnya.

Begitupula untuk di Puskesmas Kintamani IV, ruang pelayanan memanfaatkan ruang pertemuan para medis dan perumahan dokter. Pembanguan paling lambat sudah kelar akhir Desember. Meski dalam kondisi terbatas, pihaknya memastikan pelayanan tetap berjalan normal. Salah seorang petugas di Puskesmas Bangli Utara mengatakan dalam sehari jumlah warga yang datang berobat sekitar 50 orang. Pelayanan dibuka dari hari Senin-Sabtu mulai pukul 07.30 Wita sampai pukul 12.30 Wita. *esa

loading...

Komentar