nusabali

Seri Keempat Komik 'Luh Ayu Manik Mas' Digarap dalam Bentuk Animasi

  • www.nusabali.com-seri-keempat-komik-luh-ayu-manik-mas-digarap-dalam-bentuk-animasi

DENPASAR, NusaBali
Ternyata, sejak tahun 2019 lalu, Bali punya tokoh komik superhero layaknya Avengers.

Dialah Luh Ayu Manik Mas, tokoh superhero remaja garapan BASAbali Wiki bersama dengan sejumlah seniman dan animator lokal Bali. Baru-baru ini, tepatnya pada 29 Juli 2020, BASAbali Wiki merilis seri keempat dari komik superhero perempuan ini. Jika dalam tiga seri sebelumnya komik ini dirilis dalam bentuk buku cetak dan digital saja, maka seri keempat ini menjadi pertama yang digarap juga dalam bentuk animasi.

Kisah Luh Ayu Manik Mas sendiri berpusat pada tokoh Luh Ayu Manik, remaja SMP berusia sekitar 14-15 tahun. Jika berubah menjadi superhero, dia lebih dikenal dengan nama Luh Ayu Manik Mas. Tugasnya, yakni melawan musuh yang mengancam lingkungan seperti dalam seri terbarunya, yakni Nglawan Luu Plastik. Sesuai dengan tugas dari pahlawan super yang satu ini, maka tak salah apabila seri Luh Ayu Manik Mas menjadi media edukasi bagi masyarakat, khususnya anak-anak.

“Ide awalnya adalah, kami ingin menciptakan sebuah alternatif belajar untuk anak-anak dan masyarakat tentang berbagai macam isu sosial yang terjadi di sekitar kita. Contohnya isu-isu literasi, isu lingkungan. Kemudian kami melihat, melalui buku cerita itu bisa menjadi alternatif edukasi untuk anak-anak agar lebih peka terhadap permasalahan lingkungan,” ujar Project Coordinator Seri Luh Ayu Manik Mas, Ni Nyoman Clara Listya Dewi, Senin (10/8).

Pemilihan tema pahlawan super perempuan dalam seri komik ini juga memiliki tujuan tersendiri, yakni untuk menghidupkan kembali tokoh superhero lokal dan juga untuk memberdayakan wanita. “Kami berpikir untuk menghidupkan kembali superhero lokal. Makanya kami berpikir untuk membuat superhero lokal Bali yang kemudian perempuan. Kenapa perempuan, karena visi misi kami juga ingin empowering women, karena sepertinya masih jarang seri pahlawan perempuan Bali,” lanjut Clara.

Dalam seri keempat berjudul 'Nglawan Luu Plastik', BASAbali Wiki setia menggandeng para seniman Bali, baik dari segi penulis naskah maupun ilustrasi, dan kini dengan tambahan animator melalui proses sayembara. Para seniman-seniman ini yaitu Ni Nyoman Ayu Suciartini dan BASAbali Wiki sebagai naskah cerita, I Nyoman Mayartayasa (Man Ata) sebagai illustrator, dan I Gusti Ngurah Putu Yudha Sanjaya sebagai animator. Terlibat pula, musisi Robi Navicula sebagai pengisi soundtrack Luh Ayu Manik Mas.

Selain tokoh-tokoh seniman, ada pula lembaga-lembaga yang turut mendukung komik untuk edukasi lingkungan ini. Mulai dari National Geographic Society, Sustainable Suzy, Twitter Asia Pasific, dan Pulau Plastik. “Dari pihak sponsor itu dari National Geographic Society. Kami juga mendapat dukungan dari Twitter Asia Pasific untuk campaign for change, jadi Twitter juga memberikan dukungan kepada proyek keempat ini,” katanya.

Menyusul telah dirilisnya seri kempat dari seri Luh Ayu Manik Mas, kini BASAbali Wiki tengah mempersiapkan seri kelima dan keenam. Diharapkan kelanjutan seri Luh Ayu Manik Mas ini akan dapat dirilis di pertengahan bulan Agustus ini. Dan seperti sebelumnya, pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembuatannya dipilih dari masyarakat lokal Bali. “Memang kami memilih mereka itu berdasarkan proses kurasi dan juga seleksi via portofolio dari karya-karya sebelumnya. Tapi yang penulisnya itu beda, kami menyelenggarakan sayembara,” terang Duta Bahasa Provinsi Bali tahun 2016 ini.  *cr74

loading...

Komentar