nusabali

Marc Marquez Absen di Austria

  • www.nusabali.com-marc-marquez-absen-di-austria

BRNO, NusaBali
Ssehari setelah balapan di Brno, tim Repsol Honda mengonfirmasi, bahwa rider andalan mereka, Marc Marquez, masih akan absen di MotoGP Austria 2020.

Melalui laman resmi, pada Senin (10/8), Repsol Honda tak ingin memaksakan kondisi Marquez yang masih menjalani pemulihan.

Pernyataan itu hanya satu pekan menjalang balapan seri keempat MotoGP 2020 di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (16/8). Karena waktunya yang singkat, Repsol Honda takkan mengizinkan Marquez melakoni balapan.

Posisi Marquez tetap digantikan Stefan Bradl, yang merupakan test rider Honda. Rider asal Jerman itu akan tampil kedua kalinya pada musim ini, setelah balapan perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Brno, Republik Ceko.

“Stefan Bradl akan bergabung lagi dengan Tim Repsol Honda di MotoGP Austria, karena juara dunia Marc Marquez masih menyembuhkan diri setelah operasi,” tulis pernyataan resmi Honda.

Repsol Honda juga akan mengandalkan Alex Marquez menjadi tumpuan di MotoGP Austria 2020. Meski Alex belum menunjukkan kemajuan pesat dengan RC213V, Honda masih memberi kepercayaan kepada adik Marc Marquez itu.

Bahkan di MotoGP Republik Ceko 2020, Repsol Honda gagal total. Tanpa adanya Marc Marquez, Repsol Honda seperti kehilangan taji. Alex Marquez menyelesaikan balapan di urutan ke-15, sedangkan Bradl di urutan ke-18.

Jika pada musim lalu, Repsol Honda benar-benar menunjukkan dominasinya, pada awal MotoGP 2020, mereka tidak ada apa-apanya. Bahkan hingga seri ketiga ini, Repsol Honda berada di urutan ke-10 dari 11 tim yang berlaga di kelas MotoGP.

Marquez harus menepi dari lintasan akibat cedera parah. Pada seri perdana di Sirkuit Jerez, Spanyol, Marquez kecelakaan hebat yang membuat The Baby Alien –julukan Marquez– harus operasi.

Meski sempat mencoba tampil di seri kedua di Jerez, Marquez akhirnya memilih mundur. Bahkan Marquez harus menjalani operasi kedua.  Marquez pun memutuskan absen di MotoGP Ceko. Kondisi ini jelas menjadi kerugian besar bagi Repsol Honda yang sangat mengandalkan Marquez.

Kini Repsol Honda memastikan akan bekerja keras memperbaiki performa di MotoGP Austria 2020. Meski waktunya terbilang singkat, tim pabrikan asal Jepang itu siap habis-habisan. Terlebih di Sirkuit Red Bull Ring akan digelar dua balapan.

“Hampir tidak ada waktu untuk menunggu sebelum Tim Repsol Honda kembali ke jalurnya, MotoGP Austria akan dimulai pada Jumat 14 Agustus 2020,” bunyi pernyataan Honda.

“Ini yang pertama dari dua balapan berturut-turut yang diadakan di Red Bull Ring karena MotoGP 2020 padat dan musim berlangsung dengan cepat,” lanjut pernyataan tersebut.

Sementara itu, Marquez masih memulihkan diri setelah menjalani operasi kedua pada awal pekan lalu akibat kerusakan tulang belikat lengan kanannya. Dia diprediksi akan absen hingga MotoGP Styria 2020 atau seri balapan kelima pada musim ini. *ant

Komentar