nusabali

Tinggalkan TC Timnas U-19, Bek Ipswich Town ke Inggris

  • www.nusabali.com-tinggalkan-tc-timnas-u-19-bek-ipswich-town-ke-inggris

JAKARTA, NusaBali
Stoper Indonesia keturunan Inggris, Elkan Baggott, tak bisa berlama-lama mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19, di Jakarta Pusat.

Elkan yang masuk proyeksi skuad untuk Piala Asia U-19 2020 tak bisa mengikuti TC jangka panjang di Korea Selatan.


Ya, Elkan yang berkarier di Inggris bersama tim junior Ipswich Town, dibutuhkan klubnya tersebut. Hal ini dijelaskan oleh pelaksana tugas sekretaris jenderal (plt. sekjen) PSSI, Yunus Nusi, perihal izin Elkan.

"Kami dari PSSI hanya meminta izin ke klubnya sampai 8 Agustus 2020. Kami bersurat ke klubnya agar dia bisa ikut TC dalam beberapa hari ke depan," ucap Yunus, Senin (10/8).

Timnas U-19 direncanakan berangkat TC ke luar negeri pada medio Agustus ini, Korea Selatan bisa batal dan PSSI sudah menyasar tiga negara Eropa untuk TC. Hanya saja, kecil kemungkinan Elkan mengikuti TC luar negeri tersebut.

"Kalau tidak bisa tambah hari untuk TC, klub Baggott setuju dia boleh ikut Piala Asia U-19 2020. Kemungkinan Baggott tidak akan ikut TC panjang di luar negeri. Dia kemungkinan akan gabung saat di Uzbekistan," kata Yunus.

TC Timnas U-19 adalah rangkaian persiapan timnas U-19 menyambut Piala Asia U-19, di Uzbekistan, Oktober nanti. Indonesia di Grup A bersama Kamboja, Iran, dan tuan rumah Uzbekistan.

Elkan Baggott mengaku senang menjalani TC bersama Merah-Putih. DIa juga bangga dengan kesempatan yang diberikan Shin Tae-yong. Dia bertekad kuat jadi bagian dari timnas U-19 di Piala Asia U-19 2020 pada Oktober 2020. Indonesia bukanlah negara asing bagi Elkan karena dia memiliki banyak anggota keluarga di Jakarta.

"Saya mau membuat bangga Indonesia, termasuk orangtua saya.  Saya berharap dapat memenangkan Piala AFC dan melakukan yang terbaik di Piala Dunia U-20," kata Elkan Baggot.

Lebih jauh Elkan Baggott menyebutkan, Shin Tae-yong punya kualitas, dan merupakan sosok arsitek yang bijaksana. "Dia  pelatih yang sangat bagus, pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia bersama Korea Selatan. Saya pikir kami bisa belajar banyak dari sosoknya," kata Baggott.

Elkan adalah salah satu dari 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Remaja 17 tahun itu lahir di Thailand, dari ibu berkewarganegaraan Indonesia, dan ayahnya orang Inggris. *ant

Komentar