nusabali

BUMDesma Nusa Jaya Ditunjuk Jadi Pengelola Proyek RIF

  • www.nusabali.com-bumdesma-nusa-jaya-ditunjuk-jadi-pengelola-proyek-rif

SEMARAPURA, NusaBali
Kabupaten Klungkung terpilih mendapat dukungan pengembangan kapasitas melalui skema dana inovasi responsif atau Responsive Innovation Fund (RIF) Proyek National Support for Local Investment Climates/National/ Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSLERED).

Program RIF hasil kerja sama kemitraan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC), berupa dana hibah

Di Klungkung, RIF ini untuk pengembangan inovasi produk olahan rumah keong dalam mendukung Kawasan pariwisata Nusa Penida. Terkait itu, Pemkab Klungkung menggelar rapat penunjukan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Nusa Jaya sebagai pengelola proyek NSLIC/NSELRED.

Rapat dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di ruang rapat Bupati, Senin (10/8). Hadir, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung I Wayan Wasta, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPMDPPKB) Klungkung I Wayan Suteja, pengurus BUMDesMa dan pendamping program.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung I Wayan Wasta menjelaskan, BUMDesma Nusa Jaya menaungi 16 desa di Kecamatan Nusa Penida untuk mendukung Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) tersebut. Program RIF merupakan kerjasama kemitraan antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) berupa dana hibah. Dana hibah ini untuk membantu pemerintah daerah dan/atau lembaga lokal dalam mengembangkan cara-cara baru (inovasi). Inovasi dimaksud, antara lain, bidang pekerjaan dan meningkatkan kinerja yang pada akhirnya memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta mengatakan sangat mendukung program tersebut dan menjadi perhatian serius dalam membangkitkan perekonomian khususnya di Nusa Penida. Dia juga langsung menugaskan agar pengurus BUMDesma ini bisa merancang program-program ke depan secara maksimal dan sesuai dengan harapan bersama. Bupati mengharapkan,  perkembangan rumput laut di Nusa Penida bisa menjadi tujuan utama budi daya ke depan. "Nusa Penida sangat dikenal dengan rumput lautnya. Mari bersama-sama jaga produktivitasnya dari hulu hingga hilir agar ke depan semakin lebih baik," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga mengharapkan para pengurus BUMDesma bisa memperkuat komitmen untuk merancang program-program. Langkah ini dilakukan agar apa yang dibuat bisa berjalan dengan maksimal. "Perkuat komitmen mulai dari merancang program. Dengan komitmen kuat, upaya ini akan bisa membuahkan hasil maksimal ke depan," harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar