nusabali

Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa Gelar PKM

Edukasi dan Pendampingan Tingkatkan Keterampilan Kelompok Tani ‘Astiti’

  • www.nusabali.com-fakultas-pertanian-universitas-warmadewa-gelar-pkm

DENPASAR, NusaBali
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) meningkatkan keterampilan Kelompok Tani ‘Astiti’ di Banjar Malet Tengah, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli dalam Pembudidayaan Jambu Biji Kristal, digelar oleh tim PKM Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa pada Kamis (6/8).

Kegiatan tersebut sebagai satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didanai Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Unwar. PKM yang diberikan berupa penyuluhan dan demontrasi plot (demplot) teknik pembuahan di luar musim dan pencegahan buah pecah jambu biji kristal oleh Tim PKM dengan ketua Ir Ni Komang Alit Astiari MSi dan anggota Dr Ir Ni Putu Anom Sulistiawati MSi dan Ir I Nengah Suaria MSi.  

Penyuluhan dan demplot dihadiri oleh perwakilan petani dan unsur generasi muda Kelompok Tani ‘Astiti’  masing-masing banjar di lingkungan Desa  Tiga, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua Tim PKM Ir Ni Komang Alit Astiari MSi mengatakan bahwa PKM ini dilakukan melalui penyuluhan dan pendampingan dengan membuat demontrasi plot (demplot), agar anggota Kelompok Tani ‘Astiti’ memahami dan mampu mempraktekkan cara budidaya jambu biji kristal yang baik dan benar (Good Agricultural Practices/GAP) untuk mencegah kerusakan dan pecah buah sehingga kuantitas dan kualitas produksinya meningkat, serta dapat mempraktekkan cara memproduksi buah diluar musim agar kontinyuitas produksinya berkesinambungan.  

Ketua Kelompok Tani ‘Astiti’, I Nengah Tunas dan anggota kelompok tani lainnya, mengaku bersyukur  atas penyuluhan dan demontrasi plot yang diberikan karena sangat penting untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan anggota kelompok tani dan generasi muda pada Kelompok Tani ‘Astiti’. Pihaknya mengakui selama ini belum melaksanakan budidaya jambu kristal secara baik dan benar terutama penanggulangan dan pencegahan buah tidak banyak pecah di pohon serta cara menginduksi bunga agar mampu berbuah di luar musimnya.  Melalui kegiatan yang diberikan  pihaknya berharap anggota Kelompok Tani ‘Astiti’ mulai mempraktekkan teknik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas buah serta mencoba mempraktekkan teknik pembuahan di luar musim agar jambu biji kristal yang banyak diusahakan dapat berbuah terus menerus dan  panen tidak lagi musiman.

Tidak hanya melakukan penyuluhan dan pendampingan, tim PKM Fakultas Pertanian Unwar juga menyerahkan sumbangan pupuk, gunting pangkas, dan ember untuk mempraktekkan budidaya jambu biji kristal secara  baik dan benar terutama pencegahan buah pecah sehingga dapat meningkatkan  kualitas buah dan teknik pembuahan di luar musim untuk menghasilkan buah secara kontinyu sehingga suplai buah meningkat. *

loading...

Komentar