nusabali

Krama Rancang Perbaikan Rp 3 M Lebih

Pasca Kebakaran Pura Dalem Setra Batununggul

  • www.nusabali.com-krama-rancang-perbaikan-rp-3-m-lebih

348 KK krama di Desa Adat Dalem Setra Batununggul dikenai urunan (iuran) Rp 100.000/bulan.

SEMARAPURA, NusaBali

Pura Dalem, Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, terbakar hebat, Rabu (22/7) lalu. Guna perbaikan pura hingga proses upacara, pihak desa adat menganggarkan Rp 3.252.500.000.

Untuk menggali dana sebesar itu, prajuru Desa Adat Dalem Setra Batununggul sudah memohon bantuan dana lewat proposal. Proposal ditujukan kepada Gubernur Bali Wayan Koster, melalui surat pengantar dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Proposal dikirim pada Kamis (6/8) lalu dengan nilai Rp 3.252.500.000. Dana ini nanti akan dipakai untuk pembangunan pura yang terbakar hingga proses upacara. "Kami sudah kirim proposal itu kepada Bapak Gubernur Bali," ujar Bendesa Desa Adat Dalem Setra Batununggul I Dewa Ketut Taya Negara, Senin (10/8).

Selain mengajukan proposal tersebut, 348 KK krama di Desa Adat Dalem Setra Batununggul dikenai urunan (iuran) Rp 100.000/bulan dalam rentang enam bulan pasca kebakaran pura itu. "Kami tidak berani terlalu banyak membebani krama terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 ini. Kami juga berharap agar bantuan proposal itu bisa segera keluar untuk pembangunan pura," harap Taya Negara. Selain itu, prajuru desa adat juga mengajukan proposal ke sejumlah donatur.

Sementara itu, pratima Ida Sesuhunan Bhatara Dalem (berupa arca) yang berhasil diselamatkan dari Gedong Dalem Pura Dalem Setra Batununggul, saat ini distanakan di Merajan Aji Mangku Dalem Setra Batununggul, Dewa Gede Suparta. ‘’Penyetanaan selama proses pembangunan pura ini atas petunjuk Ida Pedanda," ujar Taya Negara.

Sebelumnya diberitakan, Pura Dalem Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, terbakar hebat, Rabu (22/7) siang. Kebakaran ini diduga gara-gara pembakaran rumput di dekat pura.

Dari sembilan palinggih (bangunan suci) di Utama Mandala Pura Dalem Setra Batununggul, hanya satu yang berhasil diselamatkan, yakni Palinggih Surya berbahan batu padas. Sedangkan 5 palinggih beratap ijuk ludes terbakar, masing-masing Meru Tumpang Pitu (7 tingkat), Gedong Dalem, Bale Pengruman, Bale Sor, dan Bale Piasan. Tiga palinggih lainnya yang juga beratap ijuk, sengaja diturunkan bagian atasnya oleh krama setempat, supaya tidak ikut terbakar. Ketiga palinggih tersebut, masing-masing Gedong Sari, Manjangan Sluang, dan Masari Masatu.

Krama pangempon juga berhasil menyelamatkan Ida Sesuhunan Bhatara Dalem (berupa arca), yang selama ini distanakan di Gedong Dalem. Ida Sesuhunan Bhatara Dalem kemudian dipundut dan distanakan sementara di Utama Mandala Pura Prajapati, Desa Adat Dalem Setra Batununggul, yang lokasinya tak jauh dari Pura Dalem, kemudian Ida Sesuhunan sempat distanakan di areal wantilan Pura Dalem, selanjutnya distanakan di Merajan Aji Mangku Dalem. *wan

loading...

Komentar