nusabali

Ribuan Bibit Ikan Nila Ditebar di Tukad Penyampuhan

  • www.nusabali.com-ribuan-bibit-ikan-nila-ditebar-di-tukad-penyampuhan

DENPASAR, NusaBali
Ribuan bibit ikan nila dilepas serentak di Tukad Penyampuhan yang berlokasi di Dauh Puri, Denpasar Barat pada Sabtu (8/8) pagi.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan program ‘kali bersih’ itu digagas oleh tokoh masyarakat Pekambingan, I Gede Westra bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Karang Taruna Kota Denpasar, serta Kelurahan Dauh Puri.

“Kami  ingin mengajak generasi muda agar peduli dengan lingkungan, budaya dan sosial kemasyarakatan. Apalagi momentumnya tepat, menyambut Proklamasi RI ke-75,” ujar anggota DPRD Kota Denpasar yang kerap disapa IGW tersebut. “Kita ingin agar semua pihak bersama-sama menjaga ekosistem yang ada. Dengan menebar ikan nantinya kalau sudah besar bisa dijadikan konsumsi warga,” tambah IGW.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kota Denpasar Ketut Ngurah Aryawan mengatakan bulan ini pihaknya telah melakukan penebaran 45 ribu benih ikan. “Kita akan tebar lagi 15 ribu dalam waktu dekat ini,” jelasnya. Ia berharap dengan aksi yang dilakukan itu dapat menggugah generasi muda ikut menjaga kelestarian lingkungan. Karang Taruna juga peduli adanya Covid-19 ini dengan menyalurkan  bantuan sembako dan membina UKM. Dinas Perikanan Kota Denpasar sendiri dikabarkan sudah menebar sekitar 107 ribu benih ikan di sejumlah perairan, termasuk kepada kelompok di masyarakat. Jenis ikan yang disebar di antaranya nila, komet dan koi.

Selain menebar bibit ikan, terkait HUT Kemerdekaan RI,  anggota dewan dari Partai Hanura ini juga menggelar lomba Layangan Celepuk yang diikuti 300 peserta. Menariknya, para peserta menerbangkan layan-layang dari kediamannya masing-masing, dan juri yang mendatangi untuk melakukan penilaian. Sedangkan satu kegiatan lain yang dilakukan pada Minggu (9/8) adalah donor darah yang sekaligus merayakan HUT ke-1 Yayasan Dharma Bhakti Pura Puseh Adat Denpasar. “Astungkara berhasil mengumpulkan 130 kantong darah,” kata IGW soal kegiatan yang bekerjasama dengan PMI Bali tersebut. *mao

loading...

Komentar