nusabali

Fitur Qris Dorong Transaksi Nontunai di Klungkung

  • www.nusabali.com-fitur-qris-dorong-transaksi-nontunai-di-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri launcing digitalisasi sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) BPD Bali untuk Kabupaten Karangasem dan Klungkung, di Kawasan Wisata Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Karangasem, Sabtu (8/8).

QRIS untuk mempermudah transaksi pembayaran berbasis elektronik dan mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), layanan kesehatan, dan operasional objek wisata.

Bupati Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra.  Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Direktur Utama BPD Bali I Nyoman Sudharma, perwakilan Bank Indonesia Cabang Bali dan para undangan lain.

Bupati Suwirta mengatakan Pemkab Klungkung mendukung penuh peluncuran aplikasi tersebut. Aplikasi QRIS ini akan bisa menekan kebocoran pengelolaan keuangan dan bermanfaat pembayaran menggunakan QR Code dari Mobile Banking. "Nantinya semua transaksi keuangan yang melibatkan organisasi lembaga keuangan wajib menggunakan QRIS," ujar Bupati Suwirta

Direktur Utama BPD Bali I Nyoman Sudharma mengatakan, BPD Bali adalah bank kedua di seluruh Bank Pembangunan Daerah yang dizinkan untuk melakukan QRIS. Penggunaan fitur ini dalam rangka peningkatan tata kelola pengelolaan keuangan negara, termasuk peningkatanan kapasitas UMKM di Bali.

Menurutnya, fitur QRIS akan memberikan keuntungan baik untuk pelanggan maupun pemilik bisnis. Para pelanggan dapat melakukan pembayaran secara lebih fleksibel, sesuai dengan sumber dana pada dompet elektronik mereka dan dapat membayar dengan lebih mudah dengan cara memindai (scan) dan bayar. “Dengan menggunakan barcode maka transaksi keuangan akan lebih cepat dan trasparan," ujar Nyoman Sudharma. *wan

Komentar