nusabali

Pemisahan Tiga Cabor PABBSI Langsung Diakomodir di Porprov

  • www.nusabali.com-pemisahan-tiga-cabor-pabbsi-langsung-diakomodir-di-porprov

MANGUPURA, NusaBali
KONI Badung memberi lampu hijau untuk tiga cabang olahraga ‘pecahan’ PABBSI dipertandingan di Porprov Bali XIV/2022.

Ketiga cabor itu adalah angkat besi, angkat berat, dan binaraga (PABBSI). Apalagi binaraga sudah pernah dipertandingan Poprov Bali.  KONI Badung tunduk dan akan mengikuti petunjuk KONI Pusat. Bahwa sejatinya PABBSI itu sudah dipertandingkan. Tinggal sekarang dipisah lewat organisasi masing-masing, yakni angkat besi (PABSI), angkat berat (PABERSI), dan binaraga (PBFI).

"Kami akan fasilitasi dan tidak menghambat. Jadi, mereka tidak perlu ekshibisi lagi. Mereka kan sudah dipertandingkan sebelumnya. Dan dengan memakai nama PABBSI," kata Ketua Umum KONI Badung, Made Nariana, Minggu (9/8).

Menurut Nariana, yang juga mantan Ketua KONI Bali itu, KONI Badung tidak pernah berpikir untuk Badung saja, tapi misi yang lebar besar yakni kemajuan dunia olahraga di Bali. Jadi, tidak ada istilah untuk menghambat atau memilih cabor unggulan milik Badung yang dipertandingkan.

Bahkan, kata Nariana, pihaknya berharap mempertandingkan semua cabor di Bali. Dengan catatan, regulasi yang disepakati diikuti dengan baik. Seperti ada pengurus, ada atlet, dan daerah yang ambil bagian di Porprov minimal lima kabupaten bagi cabor tertentu. Jadi persyaratan menggelar pertandingan dapat dipenuhi.

"Pemisahan PABBSI di Pusat kan juga berlaku di daerah. Kami di Badung juga mulai membentuk pengurusnya. Apalagi nanti akan jadi tuan rumah. Jelas bersiap lebih maksimal. Selain sebagai peserta juga wajib menjadi panitia penyelenggara di masing-masing cabor. Dan pemisahan 3 cabor itu kami akan pasilitasi untuk dipertandingkan semuanya," kata Nariana,. yang juga mantan Ketua PWI Bali itu

Menurut Nariana, tujuan Badung dalam pembinaan olahraga dan memfasilitasi cabor agar dipertandingkan lebih banyak, semata-mata ingin menggairahkan dan membangun dunia olaharga dari Badung untuk Bali. Artinya minimal tambahan lima cabor, KONI Badung siap memfasilitasi dengan mengacu jumlah cabor di Porprov 2019 di Tabanan, yakni 38 cabor resmi, dan dua cabor ekshibisi.

Dengan demikian ada 40 cabor dan ditambah lima cabor baru yang akan langsung dipertandingkan resmi. Jadi minimal 45 cabor di Porprov Bali 2022. *dek

Komentar