nusabali

KONI Bali Minta Bahas Cabor Tanpa Ekshibisi di-RAT

  • www.nusabali.com-koni-bali-minta-bahas-cabor-tanpa-ekshibisi-di-rat

DENPASAR, NusaBali
KONI Bali siap membahas wacana cabang olahraga tanpa ekshibisi dipertandingkan resmi pada Porprov Bali XV/2022.

Namun mekanisme pembahasan itu dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Bali, pada Februari 2021.

"Permintaan tuan rumah Badung untuk menggelar cabor tanpa ekshibisi dan diakui resmi perolehan medalinya memang belum kami terima. Bagi kami tidak bisa langsung seenaknya begitu saja. Ada upaya dan prosedur yang memang harus dilalui. Itu sesuai AD/ART, makanya harus dibahas di Rapat Anggota Tahunan KONI Bali," ucap Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, Minggu (9/8).

Menurut Suwandi, keinginan KONI Badung sebagai tuan rumah Porprov memang harus dibahas secara jernih. Apa plus dan minusnya. Selain itu, kata Suwandi, juga harus disesuaikan regulasi yang ada. Harus ada kajian mendasar, atau minimal dibicarakan dalam forum resmi.

“Kan harus ada rapat pleno nantinya. Apa yang diinginkan oleh anggota KONI Bali," kata Suwandi.

Menurutnya, semua itu tidak berdasarkan keinginan dan kemampuan KONI Badung semata. Harus dilakukan pembahasan komprehensif mengenai cabor langsung yang dipertandingkan resmi tanpa harus melalui mekanisme ekshibisi.

"Sebelumnya semua cabor kan harus ekshibisi, tidak by pass begitu saja. Keinginan KONI Badung itu harus dipikirkan sejauh mana konsistensinya nanti atau kelanjutanya," tandas Suwandi.

Menurut Suwandi, kini KONI Badung memang dapat mengakomodir mempertandingkan semua cabor yang memenuhi syarat dipertandingkan. Maka untuk ke depannya, kata Suwandi, jika di luar Badung sebagai tuan rumah, bagaimana cabor yang sebelumnya dipertandingkan resmi. Apakah mampu menggelar semua cabor itu.

“Hal-hal semacam ini harus kita bicarakan dalam forum resmi. Sejauhmana pendapat dan pandangan insan olahraga di Bali.  Apakah semua daerah mampu untuk itu, mengikuti cabor tersebut atau bagaimana,”kata Suwandi.

Sebab, kata Suwandi lagi, kemampuan masing-masing daerah sangat berbeda dalam mengirim atlet ke Porprov. Dan, jika itu seandainya disetujui jelas akan ada banyak cabor yang dipertandingkan di Porprov Badung dan semua itu diputuskan dalam RAT.

"Selama ini acuannya ke RAT. Disitu akan kita bahas lebih lanjut. Dan, kami tidak ingin mendahului menyampaikan. Apalagi harus sebatas wacana di media. Itu harus kita bicarakan langsung nantinya," tegas Suwandi. *dek

loading...

Komentar