nusabali

Zarco Pimpin Pole di Brno

  • www.nusabali.com-zarco-pimpin-pole-di-brno

Awal sesi, ban pertama, motor sempat sliding terlalu agresif. Sehingga saya tidak bisa secepat pagi ini. Lalu saya gunakan ban kedua, kondisi membaik dan membuat saya dapat bersaing dengan grup depan.

BRNO, NusaBali

Johann Zarco secara mengejutkan tampil tercepat pada babak kualifikasi Grand Prix Republik Ceko di Sirkuit Brno, Sabtu (8/8). SUkses itu membuat Zarco merebut pole position balapan seri ketiga MotoGP 2020 itu.

Menunggangi motor Ducati GP19, rider Esponsorama Racing itu mencetak waktu satu menit 55,687 detik. Ppole position itu mejadi keenam sepanjang kariernya di kelas premier. Yakni, pole position pertama Zarco sejak balapan di Le Mans, Prancis, pada 2018. Juga pertama kalinya bagi Ducati sejak Motegi di musim yang sama.

Atas kejutan itu, Zarco tidak percaya karena dirinya berstatus rider non unggulan meraih pole position. Namun pada akhir sesi, Quartararo sempat kecelakaan ketika berusaha mengejar catatan waktu Zarco.

Saat diwawancara usai menyelesaikan kualifikasi MotoGP Repubik Ceska, Johann Zarco mengaku tidak percaya meraih pole position. Namun dirinya sangat senang. Sangat tidak percaya dapat meraih pole position. Membukukan lap terbaik 1 menit 55,687 detik, Johann Zarco mengaku sempat kesulitan pada awal sesi kualifikasi.

"Awal sesi, dengan ban pertama, motor sempat sliding terlalu agresif," kata pembalap asal Prancis ini.

"Sehingga saya tidak bisa secepat pagi ini. Lalu saya gunakan ban kedua, kondisi membaik dan membuat saya dapat bersaing dengan grup depan," kata Zacro..

Fabio Quartararo gagal mencetak hattrick pole position setelah tidak mampu memperbaiki catatan waktunya ketika menyerang dan terjatuh di lap terakhir. Pemuncak klasemen sementara itu harus puas di P2, 0,303 detik dari catatan waktu kompatriotnya itu.

Rekan satu timnya di Petronas Yamaha, Franco Morbidelli melengkapi posisi start baris terdepan setelah finis P3.  Kejutan lain datang dari pebalap Aprilia Aleix Espargaro yang mengamankan posisi start keempat, mengungguli pebalap tim pabrikan Yamaha Maverick Vinales.

Duet KTM Factory Racing Pol Espargaro dan Brad Binder akan start dari P6 dan P7 di depan pebalap Ducati Danilo Petrucci dan Joan Mir dari Suzuki. Sedangla Valentino Rossi harus puas start dari baris keempat, setelah catatan waktunya mampu menempatkan The Doctor di P10 di depan pebalap Suzuki Alex Rins dan Cal Crutchlow dari LCR Honda.

Francesco Bagnaia melewatkan balapan seri ketiga di Brno dan juga seri selanjutnya di Austria karena mengalami cedera lutut setelah terjatuh di FP1, Jumat. Juara bertahan Marc Marquez juga absen di Brno karena masih dalam pemulihan pascaoperasi kedua setelah lengannya patah di seri pembuka di Jerez bulan lalu. Marquez digantikan test rider Honda Stefan Bradl. *ant

loading...

Komentar