nusabali

Hentikan Messi Secara Tim

Barcelona vs Napoli, Minggu Dinihari

  • www.nusabali.com-hentikan-messi-secara-tim

Kami akan menghentikan Messi secara tim, tanpa takut pada bakatnya. Dia ancaman besar, tapi tak berarti Napoli mesti takut melakukan sesuatu.

BARCELONA, NusaBali
Mantan bek Barcelona Sylvinho menegaskan Lionel Messi masih tetap pemain hebat. Bahkan Messi dinilai tetap jadi tumpuan saat Barca menjamu Napoli, pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Minggu (9/8) dinihari, pukul 03.00 Wita.

Ketajaman Messi musim ini menurun. Dia 'hanya' mengemas 25 gol, meski jumlah assistnya meningkat. Namun bek asal Brasil itu menilai, kedigdayaan dapat menjadi penyelamat Barca musim ini.

Meski Messi sendiri ragu, namun Sylinvho meyakini Barca masih punya peluang juara Liga Champions musim ini. Menurutnya, Messi tetap pemain hebat, meski penampilannya menurun.  “Messi tetaplah Messi yang hebat. Dia masih yang terbaik dan mampu  mengubah permainan dalam hitungan detik,”kata Sulvinho.

Karena itulah, bek Napoli Kostas Manolas mengatakan, cara paling ampuh meredam Barca adalah menghentikan Messi. “Saya bertemu Francesco Totti [legenda AS Roma] dan dia mengatakan: 'Berani Kostas, coba lagi'. Kami akan menghentikan Messi secara tim, tanpa takut pada bakatnya,” kata Manolas.

Napoli perlu menghilangkan keunggulan itu dari Barcelona, tapi bermain terlalu terbuka jelas berisiko. Sebab Messi dapat leluasa memainkan celah-celah yang ada. Manolas mengakui Messi adalah ancaman besar, tapi tak berarti Napoli mesti takut untuk melakukan sesuatu.

Sementara pelatih Barca Quique Setien disebut telah menyiapkan kejutan demi meraih kemenangan besar. Media Spanyol Sport menyatakan Setien akan melakukan perubahan besar dalam skema permainan Barcelona. Jika biasanya selalu memainkan pola 4-3-3 atau 4-3-1-2, kini Setien mempersiapkan pola 3-5-2 untuk laga kontra Napoli.

Latihan pada Senin (3/8) lalu, Setien tampak mencoba formasi tersebut dengan menempatkan Nelson Semedo, Gerard Pique, dan Clement Lenglet sebagai trio bek di depan gawang Marc-Andre ter Stegen.

Sedangkan Jordi Alba dan Sergi Roberto mendapat tugas baru sebagai bek sayap kiri dan kanan. Di tengah, dengan absennya Sergio Busquet dan Arturo Vidal, Setien disebut akan memassang Frenkie de Jong, Ivan Rakitic dan Riqui Puig. Messi dan Luis Suarez akan jadi andalan lini depan dengan cederanya Antoine Griezmann.

Perubahan itu dilakukan Setien untuk membuat aliran bola Barcelona lebih cepat. Di sisi lain, dia tak mau pertahanannya dieksploitasi lawan jika mereka kehilangan bola. Yang menarik adalah pemasangan Nelson Semedo sebagai satu dari tiga bek tengah.

Selain karena tak memiliki stok bek tengah lainnya, Setien juga sengaja menempatkan pemain asal Portugal itu untuk meredam para pemain depan Napoli yang memiliki kecepatan. Setien berharap Semedo dapat menutupi kekurangan Pique dan Lenglet dalam beradu lari dengan Dries Mertens, Lorenzo Insigne dan Arkadiusz Milk.*

loading...

Komentar