nusabali

Pegawai Pemkab Serbu Pedagang Kain

Pasar Gotong Royong Krama Bali

  • www.nusabali.com-pegawai-pemkab-serbu-pedagang-kain

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan menggelar secara serentak Pasar Gotong Royong Krama Bali di tengah pandemi Covid-19, Jumat (7/8).

Di Tabanan, ada tiga titik pasar gotong royong digelar yakni di Kantor DPRD Tabanan, halaman Kantor Bupati Tabanan, dan Kantor DPC PDIP Tabanan. Pasar Gotong Royong digelar menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15036 Tahun 2020 tentang Program Pasar Gotong Royong Krama Bali.

Pantuan di lapangan, Jumat pagi, di halaman Kantor Bupati Tabanan, suasana pasar gotong royong tampak ramai. Para pengunjung dari kalangan pegawai Pemkab menyerbu untuk membeli kain kebaya dan kamen. Tampak pula para pegawai menyerbu pedagang sayur. Asisten II Setda Tabanan AA Ngurah Trisna Dalem menjelaskan, dalam Pasar Gotong Royong melibatkan 17 UMKM. Mereka diundang tanpa membayar apa pun alias gratis. “Kami libatkan pedagang dari masyarakat,” ungkapnya.

Kata dia, pasar gotong royong digelar sesuai dengan SE Gubernur Bali tentang Pasar Gotong Royong Krama Bali. Berdasarkan hal itu seluruh OPD diimbau untuk berbelanja di Pasar gotong royong ini. “Mudah-mudahan dengan adanya pasar gotong royong ini mempercepat sirkulasi ekonomi bagi masyarakat kecil,” harapnya.

Diakui Trisna, untuk membantu UMKM di Tabanan secara berkelanjutan, rencananya pasar gotong royong akan digelar setiap hari Jumat. Sesuai SE minggu pertama di pasar gotong royong harus ada sandang, dan minggu ke 2, 3 dan ke 4 cukup disediakan pangan saja. “Nanti pedagang yang berjualan ini bergilir, kita akan bekerjasama dengan kepala pasar, dari Dharma Santhika dan UMKM yang ada di Tabanan untuk menentukan pedagang yang akan berjualan,” terang Trisna Ngurah.

Dia menambahkan terkait dengan jumlah UMKM yang dilibatkan, jika antusias ASN dan masyarakat tinggi, kemungkinan jumlah UMKM yang dilibatkan bertambah. “Kalau memang pedagang antusias kami tambah dan gunakan halaman kantor bupati yang tentunya diselenggarakan sesuai dengan protocol kesehatan Covid-19,” tandas Trisna Dalem.

Pasar Gotong Royong juga diselenggarakan di halaman Kantor DPC PDIP Tabanan, Jalan Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan. Sejumlah pedagang dan kader partai juga antusias berjualan dan berbelanja. “Pasar Gotong Royong ini digelar sebagai langkah kongkrit membantu masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang salah satunya berdampak pada menurunnya daya beli konsumen,” ungkap Ketua DPC PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Menurutnya, di pasar gotong royong yang digelar di DPC PDIP, melibatkan pedagang kaki lima dan pedagang yang menjual kebutuhan sehari-hari. “Kegiatan ini juga sebagai salah satu cara bagi PDIP dalam mengendalikan harga pasar,” katanya.

Diakui, Pasar Gotong Royong krama bali juga akan digelar secara rutin termasuk pula dengan membuat pasar dadakan di tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau. “Pasar gotong royong kami akan gelar secara rutin, yang tentunya memperhatikan protocol kesehatan Covid-19,” terang Sanjaya. *des

loading...

Komentar