nusabali

Bupati Suwirta Minta Pelaku Usaha Maksimal Salurkan Produk Lokal

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-minta-pelaku-usaha-maksimal-salurkan-produk-lokal

SEMARAPURA, NusaBali
Komitmen Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta terhadap produk lokal sangat tinggi.

Hal tersebut dapat dilihat dari gencarnya bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini, mengkampanyekan pemakaian produk lokal. Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati, menggelar sosialisasi mengenai produk UMKM Klungkung, di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Jumat (7/8).

Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan sangat mendukung produk pokal. Pemkab Klungkung juga sudah menggelar pasar tani dan melibatkan ASN di lingkungan Pemkab Klungkung, untuk membeli dan memakai produk lokal seperti beras dan garam beryodium. "Itu merupakan hasil produksi petani di Kabupaten Klungkung," ujar Bupati Suwirta.

Kepada pemilik toko/swalayan, supermarket maupun minimarket, di Klungkung, kata Bupati Suwirta, supaya dapat secara maksimal menyalurkan produk lokal. Kemudian mempersiapkan gondola atau tempat khusus bagi produk lokal yang akan dipasarkan lengkap dengan tulisan yang menggambarkan kepedulian pemilik toko. "Produk lokal agar dapat dimasukkan dalam list harga bersama barang atau produk yang diperjualbelikan. Kami juga akan mengevaluasi dalam keterlibatan memasarkan produk lokal UMKM," katanya.

Di sisi lain, Bupati Suwirta juga mengingatkan pemilik toko/swalayan, minimarket, supermarket maupun pasar berjejaring agar memperhatikan surat izin beroperasi. "Jangan sampai izin beroperasi tidak diperpanjang yang menyebabkan tempat usaha menjadi tutup," tegasnya.

Bupati Suwirta juga meminta kepada pegawai koperasi, BUMDes, swalayan/minimarket di Klungkung agar memakai lakaian endek, dengan bahan dari produk lokal.  Minimal 2 kali dalam seminggu, termasuk mengedukasi pembeli mengenai keunggulan dari produk lokal yang dijual. "Sehingga dapat menarik minat pembeli untuk membeli produk lokal tersebut," katanya.

Kepada UMKM Klungkung diharapkan untuk berinovasi dan membuat produk yang bisa digunakan atau dikonsumsi sehari-hari.

Bupati Suwirta meminta kepada pemilik UMKM membuat standar produk lokal dan segera mengurus izin produk agar produk dapat dipasarkan. Apabila produk baik perorangan maupun kelompok yang dihasilkan menyangkut  mengenai geografis, budaya, agar mengurus Indikasi Geografis (IG) supaya tidak diklaim oleh UMKM lain. Selain itu, izin Standar Nasional Indonesia (SNI). Bupati Suwirta menambahkan dirinya meminta ASN di Pemkab Klungkung untuk membeli dan menggunakan produk lokal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Gede Kusumajaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, I Wayan Durma, Kepala Baperlitbang Kabupaten Klungkung, I Wayan Wasta, pemilik maupun pegawai BumDes, koperasi dan toko/swalayan minimarket dan supermarket, serta pasar berjejaring di Kabupaten Klungkung. *wan

Komentar