nusabali

BLT Desa Tegallinggah Tahap Tiga Akhirnya Cair

  • www.nusabali.com-blt-desa-tegallinggah-tahap-tiga-akhirnya-cair

AMLAPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem akhirnya bisa cairkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa periode I tahap ketiga, Kamis (6/8).

Perbekel Desa Tegallinggah, I Gede Sudiarsa, baru bisa cairkan BLT periode I tahap ketiga setelah dana desa dari pusat masuk rekening per 26 Juli 2020. Penerima BLT sebanyak 69 kepala keluarga. Masing-masing KK dapat Rp 600.000.


Perbekel Desa Tegallinggah, I Gede Sudiarsa, mengatakan sesuai ketentuan, anggaran pembangunan fisik bisa dialokasikan untuk BLT. Pencairan BLT untuk, April, Mei, dan Juni. Tiap bulan para penerima mendapatkan dana Rp 600.000. Pencairan tahap III mengalami keterlambatan hingga sebulan lebih. Dijelaskan, Desa Tegallinggah mengalokasikan BLT untuk 154 KK yakni Banjar Karangcermen sebanyak 16 KK, Banjar Nyuling 16 KK, Banjar Tegallinggah 69 KK, Banjar Bale Punduk Kelod 24 KK, dan Banjar Bale Punduk Kaler 29 KK.

Terpisah, Perbekel Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, I Ketut Sumendra, mengaku telah tuntas membagikan BLT periode I. Tinggal mengalokasikan anggaran untuk BLT periode II. Besaran uang yang diterima tidak sama dengan BLT periode I. Pada BLT periode kedua, menerima uang Rp 300.000 per KK. Pemerintah Desa Ulakan berikan BLT dana desa untuk 155 KK. “Dalam waktu dekat ini akan saya bagikan,” jelas Ketut Sumendra.

Sementara Perbekel Desa Bebandem, I Gede Partadana, mengakui belum bisa merealisasikan BLT periode II. Alasannya, dana desa dari pusat yang lagi 40 persen belum cair. Desa Bebandem bagikan BLT untuk 212 KK. Pencairan BLT periode kedua untuk Juli, Agustus, dan September. Sedangkan Perbekel Desa Muncan, Kecamatan Selat, I Wayan Tunas, mengaku telah mentrassfer anggaran BLT periode II untuk 186 KK ke BUMDes Desa Muncan. “Biasanya setelah dananya ditransfer ke BUMDes, maka warga mengambilnya di BUMDes,” jelas Wayan Tunas.

Perbekel Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, I Nengah Karyawan, justru telah mencairkan BLT periode II untuk 162 KK. “Dana sudah saya transfer ke LPD Desa Adat Tukad Besi. Tiap KK dapat Rp 300.000, bantuannya langsung masuk rekening,” jelas Nengah Karyawan. *k16

loading...

Komentar