nusabali

Partisipasi Sensus Penduduk Online di Klungkung 51,57 Persen

  • www.nusabali.com-partisipasi-sensus-penduduk-online-di-klungkung-5157-persen

SEMARAPURA, NusaBali
Partisipasi masyarakat Klungkung pada Sensus Penduduk (SP) Online tahun 2020 mencapai 51,57 persen atau 92.790 jiwa.

Karena pencapaian ini, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima Piagam Penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klungkung.

Piagam tersebut diserahkan oleh Kepala BPS Kabupaten Klungkung Ir AAA Raka Suarningsih di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Rabu (5/8). Acara ini disaksikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) I Wayan Parna, dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ketut Suadnyana.

Kepala BPS Kabupaten Klungkung Ir AAA Raka Suarningsih mengatakan, SP Online semula dijadwalkan berlangsung selama 46 hari, dari 15 Februari - 31 Maret 2020. Namun karena pandemi Covid-19, dilanjutkan arahan Pemerintah Pusat untuk melakukan jaga jarak, maka jadwal pelaksanaan SP Online diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Suarningsih mengapresiasi masyarakat Klungkung karena partiasipasi pada SP Online telah mencapai 51,57 persen atau 92.790 jiwa. "Ke depan, bagi masyarakat yang belum berpartisipasi akan dilakukan kegiatan pendataan Sensus Penduduk pada September 2020 melalui mekanisme pendataan ke lapangan," ujar Suarningsih. Dia juga memohon dukungan kepada Pemkab Klungkung dalam pendataan Sensus Penduduk di lapangan dengan memanfaatkan para Yowana Gema Santi.   

Menanggapi permohonan tersebut, Bupati suwirta mempersilahkan pihak BPS bekerja sama dengan para Yowana Gema Santi dalam melakukan pendataan di lapangan. Bupati mengaku Pemkab Klungkung berkomitmen untuk membantu dan mendukung program Sensus Penduduk agar berlangsung lancar dan sukses.  

Terkait capaian penghargaan ini, Bupati Suwirta menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Klungkung dan BPS. Menurutnya, angka 51,75 persen masih bisa digenjot lagi mengingat sebagian besar penduduk sudah memiliki smartphone dan wilayah Klungkung yang tidak begitu luas dibanding daerah lain. “Dengan penghargaan ini, mari kita lebih semangat bekerja, karena angka 51,57 persen masih bisa ditingkatkan lagi,” ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar